TIPS MENGELOLA UANG TUNJANGAN HARI RAYA (THR)

Hari lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu dan dirayakan oleh umat muslim sedunia.  Bagi karyawan seperti saya menjelang Lebaran, ada juga yang paling ditunggu-tunggu hampir semua karyawan. Bisa Anda tebak sosok yang kami idamkan itu adalah Tunjangan Hari Raya atau THR. Besaran THr memang tidak sama, perusahaan besar seprti BUMN biasanya mengelontorkan THR dalam jumlah yang lumanyan kepada karyawannya, namun ditempat kami bekerja THR tidaklah besar mungkin kalau dikaitkan dengan besaran gaji bulanan, THR tidak mencapai 1/3 nya.

Nah sebelum THR masuk ke rekening (bagi yang dibayar via rekening) atau pun yang dibayarkan langsung oleh bendahara, sebaiknya Anda mulai menyusun strategi pengelolaannya. Buat skala prioritas melalui daftar belanja. Ini penting mengingat tingkat konsumsi menjelang hari raya yang cenderung tak terkontrol.

Ligwina Poerwo Hananto, Chief Executive Officer (CEO) QM Financial, mengatakan, THR secara khusus memang bukan untuk kebutuhan bulanan, tapi mencukupi keperluan luar biasa. Ia pun membagi trik pintar mengelola THR seperti yang say abaca disalah satu postingan kaskus, silahkan disimak :

1. Prioritaskan Kepentingan Hari Raya
Biasanya hal pertama yang akan dipikirkan oleh orang dalam mengalokasikan THR adalah untuk kepentingan hari raya. Sebaiknya dipergunakan untuk orang-orang yang berada dalam lingkungan keluarga Anda, seperti memberikan ongkos mudik para pekerja di rumah. Disamping itu perlu juga untuk biaya open house atau biaya lain-lain yang terkait seperti beli kue lebaran atau bikin ketupat.

2. Jangan Lupa Bayar Zakat
Zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Pemberian zakat atau sedekah untuk menyelesaikan kewajiban sebaiknya jangan dilupakan. Jika penghasilan bulanan Anda digunakan untuk zakat fitrah, maka penghasilan THR sebaiknya digunakan untuk memberikan zakat mal. Dengan begitu, semangat berbagi Anda akan semakin kuat, bukankah salah satu fungsi ramadhan itu sendiri adalah memupuk rasa saling berbagi diantara sesama manusia.

3. Sisihkan untuk Berqurban
Memang Berqurban adalah kegiatan yang akan dilakukan bukan di Lebaran Idul Fitri namun saat lebaran Idul Adha, namun ada baiknya anda menyiapkan sedini mungkin anggaran untuk Qurban agar kewajiban qurban Anda dapat dilaksanakan.
 
4. Sisihkan untuk Liburan dan shopping
Setelah semua kepentingan tersebut diatas terpenuhi atau anda siapkan dananya, Anda dapat menggunakan uang THR untuk berbelanja kebutuhan pribadi, seperti tas, sepatu, baju, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan uang THR untuk berlibur ke tempat yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi.

Sekian postingan Tips Mengelola Uang THR, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : Kaskus.co.id

0 Response to "TIPS MENGELOLA UANG TUNJANGAN HARI RAYA (THR)"

Posting Komentar