TIPS CERDAS MENGATUR KEUANGAN DALAM SATU BULAN

Tips Menghemat Keuangan Anda
Mungkin Anda pernah mengalami dimana saat di penghujung bulan kondisi keuangan Anda kembang kempis bahkan tidak jarang duit yang tersisa di dompet Cuma tinggal cukup buat beli bensin motor untuk ke kantor. Kondisi ini biasanya terjadi karena diawal bulan saat kantong agak tebal kita lupa menyisihkan buat persediaan akhir bulan kita.

Bicara tentang uang memang tidak ada habisnya baik karena uang itu berguna dan penting juga karena memang saat ini posisi uang sudah menjadi alat tukar yang sangat berharga, sampai-sampai banyak orang yang rela menghabiskan banyak waktunya dalam satu hari hanya untuk mencari alat tukar tersebut. Memang enak sih kalau setelah itu kita bisa menikmatinya, namun jika kamu nggak pandai mengatur keuangan, bisa-bisa semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan uangmu itu akan sia-sia. Jangan berpikir untung dulu, mungkin rugi yang akan kamu terima.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengelola keuangan anda, berikut beberapa tips yang dapat kita terapkan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu forum online, silahkan disimak :

Cermat Mengetahui Berapa Pendapatan Perbulan.
Anda harus benar-benar mengetahui dan mengerti berapa pendapatan kamu dalam satu bulan. Biasanya ketika di awal bulan, pastinya sangat tergoda untuk berbelanja apapun yang kita suka, padahal sebenarnya kita nggak terlalu membutuhkannya. Percaya deh, kalau kamu maksain untuk membeli semuanya, bukan rasa senang yang didapat, namun penyesalan ketika kamu melihat saldo rekening. Untuk itu lakukan pembelian sesuai kebutuhanmu selama satu bulan kedepan.

Rajin-rajinlah Membawa Bekal ke Tempat Kerja
Jika Anda adalah tipe orang yang suka jajan, jangan malu untuk membawa bekal makanan dari rumah yang kamu atau orang tuamu buat. Sehingga ketika makan siang, kamu bisa makan enak dan kenyang tanpa mengeluarkan uang yang mahal. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan uang makan siangmu dalam satu hari untuk ditabung atau digunakan untuk kebutuhan yang lain.

Sedapat Mungkin Hindari Hutang
Sekilas memang sepertinya enak ya mendapatkan barang-barang yang kita suka dengan kredit. Tapi jangan salah, kredit yang berlebih akan menyebabkan beban biaya yang sangat besar. Misalnya kamu punya tanggungan kredit untuk satu barang seharga 500 ribu, tapi kamu kredit untuk empat barang sekaligus dalam satu bulan. Hmmmmm…. Jangan kaget kalau di awal bulan kamu langsung makan mie instan ya!

Rencanakan Pengeluaran dengan Cermat
Setelah kamu tau berapa pendapatan kamu perbulan, alangkah baiknya lagi, Anda punya catatan rencana pengeluaran dalam satu bulan dengan detail. Misal : untuk cicilan motor sekian, belanja keperluan sekian, makan sekian, hangout sekian, yang dimana semua pengeluaran tersebut jangan sampai dikeluarkan serentak di awal bulan ya. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa uang yang akan kamu keluarkan dalam satu bulan. Jika dalam rencana pengeluaranmu ternyata tak ada sisa untuk ditabung, kamu harus mulai mengurangi beberapa hal yang nggak begitu penting dalam satu bulan tersebut.

Jangan Lupa Beramal 
Agama mengajarkan bahwa di dalam sebagian harta kita, terdapat harta dari orang-orang yang tidak mampu. Namun, terkadang justru kita lupa melakukan hal yang satu ini. Akhirnya semua harta yang kita punya digunakan untuk kepentingan pribadi bahkan cenderung untuk hura-hura semata. Percaya deh, dengan membagikan sebagian kecil pendapatan kita dalam satu bulan, dijamin kamu n
ggak akan rugi. Yang jelas kamu malah dapat pahala karena telah menyumbang dan mensucikan hartamu.

Sekian postingan Tips Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Satu Bulan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian terutama bagi yang sering bermasalah dengan keuangannya di akhir bulan.

Sumber Artikel : kaskus.co.id

0 Response to "TIPS CERDAS MENGATUR KEUANGAN DALAM SATU BULAN"

Posting Komentar