MANFAAT MENGKONSUMSI MAKANAN LOKAL

Makanan Lokal lebih Alami
Setelah himbauan yang dikeluarkan oleh Menteri PAN dan RB yang mengharuskan Instansi Pemerintah menyajikan makanan lokal pada acara rapatnya, makanan lokal kembali mendapatkan kesempatan dan nilai jual. Orang yang dulu mungkin gensi untup menyantap makanan ini kembali sedikit demi sedikit meskipun awal-awal terpaksa harus memulai menyukai makanan asli kita.

Menyatap makanan lokal selain bisa untuk berdiet juga kualitas lebih baik. Meski saat ini masyarakat masih banyak yang menyukai bahan makanan import karena harganya yang relatif terjangkau meski secara kualitas kadang tidak terjamin lebih baik dari lokal 

Perlu kita ketahui, biasanya makanan impor banyak yang diberi beberapa zat kimia untuk dapat menjaga kesegaran dari buah ataupun sayur karena proses pengangkutan yang lama. Sedangkan bahan makanan lokal masih banyak mengandung zat gizi dan berisiko kecil terkena kontaminasi. 

Nah berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari konsumsi bahan makanan lokal seperti yang saya kutip dari Detik Food, silahkan disimak :

Rasa dan kesegaran Lebih Terjamin
Makanan lokal memang lebih segar dan rasanya lebih baik dibandingkan dengan makanan yang dikirim dari jarak ribuan kilometer. Buah-buahan impor banyak sekali dijajakan di supermarket ataupun pasar tradisional.

Kandungan zat gizi Lebih Banyak
Makanan lokal memiliki waktu yang lebih pendek antara panen dan konsumsi sehingga tingkat risiko kerusakannya juga kecil. Makanan yang diimpor dari negara-negara yang jauh biasanya dipanen sebelum masak sehingga kandungan zat gizinyapun tak sebanyak dengan makanan lokal yang segar atau sudah terlalu matang ketika dibeli

Mendukung ekonomi lokal untuk Berkembang
Uang dibelanjakan dengan petani setempat, pengrajin dan pemasok milik lokal hingga restoran. Hal ini dapat membangun ekonomi lokal dan bukan diserahkan pada negara lain. Karena makanan bergerak melalui tangan lebih sedikit sehingga lebih banyak  keuntungan di negara sendiri termasuk para petani lokal.

Lebih aman dari Kontaminasi Zat Berbahaya
Semakin banyak langkah makanan berpindah tempat maka semakin banyak kesempatan untuk terkena kontaminasi. Makanan yang ditanam di lokasi yang jauh memiliki potensi untuk terkena masalah keamanan pangan saat panen, mencuci, pengiriman dan distribusi.

Sekian postingan singkat Manfaat Mengkonsumsi Makanan Lokal, semoga berguna bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : food.detik.com

0 Response to "MANFAAT MENGKONSUMSI MAKANAN LOKAL"

Posting Komentar