TIPS PERSIAPAN SEBELUM MERENCANAKAN MENUNAIKAN UMRAH KE TANAH SUCI

Umrah ke Tanah Suci
Hampir semua umat Islam berkeinginan menunaikan ibadah Haji dan Umrah ke Tanah Suci. Namun kadang kala keinginan tersebut tidaklah serta merta dapat dilaksanakan karena terbentur dengan berbagai kendala baik materi (dana) maupun kondisi fisik.

Bagi Anda yang sudah berniat ke Baitullah guna menunaikan Ibadah Umrah dan Haji, serta sudah memiliki dana yang cukup ada baiknya mempersiapkan diri agar tidak mengalami hambatan saat menjalankan ibadah. Hambatan-hambatan tersebut terjadi karena perbedaan yang mungkin cukup mencolok antara kondisi iklim di negara kita dengan kondisi cuaca di Tanah Suci.

Berikut beberapa persiapan kecil yang perlu anda biasakan sebelum benar-benar pergi ke tanah suci seperti yang saya kutip dari salah satu blog, silahkan disimak :

Membiasakan Diri Sholat Berjamaah di Mesjid
Bila sebelumnya kita sering sholat dirumah, maka ada baiknya Anda membiasakan diri sholat berjamaah di masjid. Dan jangan lupa pula untuk menghadiri majelis ilmu baik untuk meningkatkan pengetahuan tentang ibadah haji dan umrah serta melembutkan hati yang pada akhirnya akan membuat nyaman dalam beribadah.

Memperbanyak Sholat Sunnat.
Agar terbiasa saat berada di Tanah suci, ada baiknya Anda mulai membiasakan diri dan memperbanyak melakukan sholat sunnat. Sholat sunnat seperti sholat sunnat hajat, sholat sunnat taubat dan sholat sunnat tahajud adalah bertujuan untuk membersihkan diri kita dari dosa-dosa lampau yang banyak telah kita lakukan. Sholat sunnat akan membantu kita bermunajat kepadaNya dan memohon keampunan dan taubat diatas perbuatan-perbuatan kita yang lalu dan moga-moga Allah mengampuni kita serta memberi perlindungan agar dipermudahkan perjalanan pergi dan balik mengerjakan ibadah dan memberi keselamatan kepada ahli keluarga yang bakal kita tinggalkan sepanjang perjalanan.

Memperbanyak Membaca Al Quran.
Selain daripada pahala yang kita perolehi dari membacanya, membaca Al Quran akan sangat bermanfaat karena apabila kita berada ditanah suci selain dari ibadah umrah, pembacaan al-Quran adalah sesuatu yang amat digalakkan dan sekiranya dapat kita mengkhatam al-Quran dalam masa ibadah tersebut adalah menjadi satu kebaikan kepada kita.

Bacalah buku-buku berkenaan Umrah, Madinah dan Mekah.
Pembacaan ini akan membantu kita apabila kita menjalani ibadah tersebut. Buku-buku seperti cara-cara mengerjakan ibadah umrah dan lainnya yang banyak tersedia di toko buku atau anda dapat pula mencarinya di internet.

Buatlah Latihan Fisik
Latihan fizik seperti berjalan kaki sejauh 3 – 4 km, 2 kali seminggu adalah persiapan yang baik untuk membiasakan diri kita yang karena nantinya kita akan berjalan kaki bolak balik  ke Masjid, melakukan Tawaf serta Sa’ie (Sa’ie dari Safa ke Marwah adalah lebih kurang 420 meter dan yang mengerjakan Saie akan berulang balik sejauh 2,940 meter atau lebih kurang 3 km). Ingatlah latihan ini adalah ikhtiar kita karena yang menentukan kekuatan dan tenaga itu adalah dari-Nya. Latihan ini baiknya dimulai sebelum sebulan keberangkatan.

Sekian postingan Singkat Tips Persiapan Sebelum Merencanakan Menunaikan Umrah Ke Tanah Suci, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber Artikel : dmubarak.com/umrah/persediaan-ibadah-umrah

0 Response to "TIPS PERSIAPAN SEBELUM MERENCANAKAN MENUNAIKAN UMRAH KE TANAH SUCI"

Posting Komentar