TIPS MELINDUNGI DIRI DARI BAHAYA CYBER CRIME SAAT BERINTERNET



Meski kadang terlihat sepele bagi orang awam, dampak dari serangan cyber crime saat ini cukup mengkawatirkan. Ribuan bahkan jutaan situs, akun email bahkan akun rekening dibobol atau disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seiring dengan penerimaan masyarakat tentang model internet, maka aktifitas cybercrime dunia mengalami peningkatan drastis. Sasarannya kini bukan hanya petinggi Negara atau organisasi saja, namun website-website pribadi, PC hingga gadget lainnya yang bahkan tidak ada hubungannya dengan cybercrime.

Bisa jadi saat ini tanpa disadari, anda adalah salah satu yang terkena bahaya Cyber Crime, karenanya mari bekali diri agar terhindar dari cybercrime. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti yang saya baca di salah satu forum online, silahkan disimak :

Jangan membebankan keamanan website hanya kepada layanan hosting anda.
Jika anda menggunakan jasa shared hosting, free hosting dan sejenisnya yang anda sendiri tidak tahu bagaimana keamanan yang mereka sediakan, jangan hanya membebankan keamanan website anda kepada provider hosting anda. Anda juga harus berusaha untuk meningkatkan keamanan website anda. Terutama apabila anda menggunakan CMS seperti WordPress, maka anda harus lebih waspada terhadap ancaman hacker. Dan apabila anda memiliki website dinamis dimana anda mendesign website anda sendiri, solusi terbaik adalah menggunakan layanan VPS atau cloud, dimana anda bisa manage sendiri account dan server anda. Anda bisa mengeksplorasi lebih dalam keamanan server anda sendiri dengan bantuan provider anda.

Pastikan situs anda aman dari malware.
Malware sering didistribusikan secara online dan tersebar melalui situs-situs yang masih “abu-abu” . Para hacker selalu memindai atau melakukan scaning internet untuk menemukan hole atau lubang dari keamanan semua aplikasi termasuk website. Ketika mereka sudah menemukan lubangnya, hal yang paling sering dan paling mudah dilakukan adalah mengirim sebuah malware baik melalui PC anda (ketika proses upload) atau malah langsung mengirim ke website anda.

Jangan menggunakan aplikasi yang terlalu tinggi.
PC dan gadget lainnya pada saat ini sudah semakin maju dan sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang dapat dipasang dengan gratis. Namun apakah aplikasi-aplikasi tersebut aman? hingga saat ini saya masih belum menemukan apakah ada survey atau penjelasan yang pasti mengenai masalah tersebut. Situasi ini semakin memburuk dengan bertambahnya jumlah add – ons, plug-in dan shareware saat ini. Semakin banyak aplikasi gratis yang “abu-abu” yang anda gunakan, maka semakin banyak jalan bagi hacker untuk menyerang anda.

Beli “Bank Machine” atau sediakan PC yang khusus untuk transaksi online.
Perlindungan untuk keuangan anda saat ini tidak hanya bergantung kepada Bank tempat anda menyimpan uang. Karena hacker saat ini jarang sekali menyerang langsung ke server bank utama, melainkan lebih sering menyerang individu-individu seperti anda. Mereka tahu bahwa proteksi yang anda gunakan pasti tergolong rendah. Solusinya adalah menyediakan satu PC atau “Super Netbook” yang dikhusukan untuk transaksi online. PC tersebut haruslah memiliki security tingkat dewa mulai dari antivirus, port network, firewall, dan lain sebagainya.

Mulailah untuk mengenkripsi data anda.
Jika anda mengikuti tips yang pertama, asumsikan jaringan anda masih belum jelas keamanannya, dan anda setiap harinya melakukan download dan upload file website anda. Mulailah menggunakan software-software Encoder untuk file-file PHP anda.

Hati-hati ketika memilih link di internet
Kevin Halay, Direktur Symantec Security Technology and Response mengatakan “Jika sesuatu tampak mencurigakan, tampak menarik, jangan klik di atasnya. Dari sanalah sumber malware dan virus di komputer anda.”

Sekian postingan Tips Melindungi Diri Dari Bahaya Cyber Crime Saat Berinternet, semoga membuka wawasan kita dan menjadi lebih waspada terhadap bahaya di dunia maya

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

Posting Komentar untuk "TIPS MELINDUNGI DIRI DARI BAHAYA CYBER CRIME SAAT BERINTERNET"