TIPS PRAKTIS MERAWAT BUKU AGAR TAHAN LAMA



Memiliki buku yang banyak adalah sebuah anugerah yang layak dijaga untuk masa depan. Membangun budaya membaca bagi anak-anak harus diawali dengan ketersedian buku sebagai salah satu medianya. Bagi yang hobi membaca atau memiliki anggota keluarga yang senang membaca tentu menginginkan koleksi bukunya selalu awet. Apalagi jika buku itu adalah buku yang sulit ditemukan ataupun mahal harganya. Untuk merawat buku-buku itu (buku pelajaran, novel fiksi, komik dan lain sebagainya) tidaklah sulit.

Nah berikut beberapa tips mudah untuk merawat buku yang dapat kita aplikasikan, seperti yang saya kutip dari salah satu situs online, silahkan disimak :

Diberi Sampul
Tidak hanya buku pelajaran lho yang perlu disampul. Buku apapun, termasuk komik dan novel, akan lebih awet jika dilapisi sampul. Jika ingin sampul depan buku tersebut tetap terlihat, pilihlah sampul plastik yang transparan. Menyampul buku tidaklah sulit, hanya perlu sampul, gunting dan isolasi atau lem. Buku yang disampul nantinya akan selalu tampak bersih. Yang perlu diperhatikan adalah jangan menyampul buku dengan terlalu ketat karena nantinya bagian cover buku akan terlipat karena sering dibuka.

Gunakan Pembatas Buku
Seringkali ketika sedang membaca, kita menandai bagian yang sudah dibaca dengan cara melipat bagian ujung halaman yang tengah dibaca. Hal tersebut dapat merusak buku karena bekas yang terlipat akan menjadi lebih mudah sobek. Untuk menandai halaman yang telah dibaca, lebih baik gunakan pembatas buku. Tidak harus pembatas khusus yang cantik dan mahal, kartu nama atau benda-benda lain yang tipis pun bisa difungsikan sebagai pembatas buku.

Rutin Dibersihkan
Buku, apalagi yang merupakan buku koleksi, bila disimpan terlalu lama dan dibiarkan begitu saja akan berdebu. Jangan lupa membersihkan buku-buku yang ada di rak atau di lemari dengan menggunakan kemoceng atau lap. Untuk buku yang disampul plastik bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Bagian sampul nya saja ya jangan sampai terkena halaman-halaman bukunya.

Disusun Dengan Benar
Cara menyusun buku di rak atau lemari dengan benar adalah disusun berdiri, bukan dengan cara ditumpuk. Menyusun buku dengan menumpuknya berpotensi merusak jilid buku. Selain itu menyusun dengan cara berdiri bisa memudahkan kita untuk mencari dan mengambil buku yang ingin dibaca karena judul dan pengarangnya terlihat jelas

Diberi Kamper
Buku yang disimpan di lemari atau rak biasanya menjadi salah satu incaran rayap. Agar buku-buku kita tidak dirusak oleh rayap baiknya lemari tempat menyimpan buku diberikan sedikit kamper atau kapur barus yang dihancurkan.

Sekian postingan Tips Cara Merawat Buku agar Awet, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : dbkomik.com

0 Response to "TIPS PRAKTIS MERAWAT BUKU AGAR TAHAN LAMA"

Posting Komentar