TIPS DAN TRIK MENJAGA KESEHATAN SAAT MUSIM HUJAN



Saat ini cuaca di Indonesia pada umumnya hujan karena memang sudah memasuki musim penghujan yang banyak ditunggu kedatangannya oleh para petani. Disamping dampak positifnya, musim hujan juga membawa beragam masalah terutama kota besar seperti Jakarta yang sering kali di landa banjir.

Musim hujan biasanya juga rentan muncul penyakit yang bila tidak kita obati bisa akibat fatal. Beberapa penyakit yang mungkin menyerang saat mungsim hujan
1. Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) biasanya berupa influenza/flu dan batuk
2. Infeksi saluran pencernaan seperti diare dan thypoid
3. Penyakit kulit seperti panu, kutu air dan sebangsanya

Berikut beberapa tips dan trik menjaga kesehatan selama musim hujan berlangsung yang saya ambil dari postingan salah satu member forum online, semoga bermanfaat untuk Anda, silahkan disimak :

Cuci tangan sebelum makan
Cuci tangan sangat penting karena masuknya infeksi saluran pencernaan berasal dari makanan dan minuman. WHO pernah melansir bahwa tangan mengandung bakteri sebanyak 39.000-460.000 CFU per sentimeter kubik, yang berpotensi tinggi menyebabkan penyakit infeksi menular.

Gantilah multivitamin dengan buah dan sayur atau susu
Dengan minum multivitamin secara rutin dapat mengurangi produksi sistem imun dalam tubuh jika Anda berhenti atau lupa minum multi vitamin siap2 virus influenza menyerang.

Kurangi begadang
Mungkin Anda heran kenapa gak boleh begadang langsung aja ke fakta unik. Para ahli kedokteran menemukan bahwa saat tidur, sistem imun kita melepaskan protein yang disebut cytokines. Protein ini membantu tubuh mengatasi stress, melawan infeksi dan mengurangi terjadinya proses inflamasi di dalam tubuh. Saat tubuh kurang tidur, protein pelindung dan beberapa sel penghadang infeksi lainnya mengalami penurunan produksi.

Makan makanan yang hangat
Makanan hangat dapat menstabilkan suhu tubuh karena suhu saat hujan sangat dingin. Atau Anda bisa juga dengan makan cabai atau pedas. Rasa pedas cabai menghasilkan zat kapsaisin. Manfaat kesehatan dari kapsaisin juga tidak boleh dianggap remeh. Kapsaisin dapat meredakan sinuitis dan mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung dan tenggorokan yang tersumbat.

Kurangi rokok dan alkohol
Alkohol dapat mengurangi sistem imun dan antibodi alami tubuh sedangkan rokok dapat meningkatkan resiko ispa alias batuk.

Perbanyak minum air putih
Kandungan tubuh kita adalah air mangkanya konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengeluarkan racun dan memperlancar metabolisme tubuh

Beli lah makanan yang higienis
Makanan yang tidak higienis menimbulkan penyakit diare dan thypoid alias tipus

Gunakan dan gantilah alas kaki secara rutin
Dengan menggunakan alas kaki dapat mengurangi penyakit kulit saat hujan atau genangan air seperti kutu air

Sekian Postingan Tips Dan Trik Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS DAN TRIK MENJAGA KESEHATAN SAAT MUSIM HUJAN"

Posting Komentar