MANFAAT POSITIF MENJADI VEGETARIAN

Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan, tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu. Istilah 'vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris. Kata ini berasal dari bahasa Latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup; (jangan dihubungkan dengan 'vegetable-arian' - mitos manusia yang diimajinasikan hidup seluruhnya dari sayur-sayuran tetapi tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya)

Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean', sesuai dengan Pythagoras 'vegetarian' dari Yunani kuno. Definisi asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur dan hasil ternak perah, dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan nabatiwan di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediterania klasik, sebagai contoh Pythagoras.

Di Indonesia secara tradisional suku bangsa pelaut seperti Suku Bajau tidak terlalu banyak mengonsumsi daging dan gemar mengonsumsi makanan laut dalam menu mereka sehingga dapat dikatakan menjalankan diet semi vegetarian.

Menjadi seorang vegetarian adalah salah satu pilihan hidup sehat. Mereka yang vegetarian hanya akan mengkonsumsi asupan makanan nabati dan meninggalkan protein dari daging-dagingan.

Dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran, tubuh seorang vegetarian diyakini lebih banyak memikiki keuntungan. Dikutip dari situs ABC News, Selasa, 8 Oktober 2013, berikut lima nilai positif menjadi seorang vegetarian:

1. Menjaga Berat Badan
Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menemukan bahwa 38.000 dewasa pemakan daging-dagingan lebih tinggi indeks massa tubuhnya daripada mereka yang vegetarian.  Selain itu, risiko kenaikan berat badan seorang vegetarian tercatat lebih rendah sejauh 5 tahun penelitian.

Penyebabnya, makanan nabati lebih banyak mengandung antioksidan dan serat. Kedua unsur tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

2. Terhindari dari Penyakit
Sebuah penelitian membandingkan risiko penyakit anatara orang vegetarian dan pemakan daging. Ternyata, menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research juga menemukan bahwa menjadi vegetarian bisa mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

3. Sehatkan Pikiran
Selain bermanfaat untuk tubuh, memakan sayuran lebih banyak akan berdampak baik untuk kesehatan pkiran. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa aspuan sayuran yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

4. Kulit Lebih Sehat
Mengkonsumi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit.

Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini dapat muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

5. Meningkatkan Hormon Seksual
Makanan nabati yang didapat dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almon, ubi, dan semangka, dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seskual pada tubuh.  Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Ceko menemukan, bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dan dan menyenangkan daripada mereka yang sering memakan daging

Sumber Artikel : id.wikipedia.org dan tempo.co

0 Response to "MANFAAT POSITIF MENJADI VEGETARIAN"

Posting Komentar