[TIPS BISNIS] EMPAT PRINSIP DASAR PENJUALAN

Saat ini system dan teknik penjualan sudah berkembang sedemikian pesat. Beragam cara ditempuh agar tercapai penjualan yang maksimal. Bagi seorang pedagang baik pedagang offline atau pedagang online, menjual haruslah menjadi bagian dari hidup. Menjual bukan hanya tentang meyakinkan seorang calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan perusahaan Anda, tetapi juga meyakinkan bahwa gagasan Anda bernilai.

Seperti yang dikutip dari Buku “THE RELATIONSHIP EDGE” karya Jerry Acuff, ada empat prinsip dasar penjualan yang perlu kita renungkan agar apa yang kita jual dapat sesuai target. Silahkan simak 4 prinsip dasar berikut ini :

Tidak ada penjualan tanpa dialog yang bermakna.
Pembelian mungkin saja ada, namun tidak ada penjualan. Dalam penjualan, harus ada pertukaran ang signifikan dan berakar dalam kebenaran antara kedua belah pihak. Pembeli punya kebutuhan, keinginan, dan kehendak. Penjual punya solusi, layanan, dan nasihat. Pembeli dan penjual harus berkomunikasi agar keduanya memahami kebutuhan dan cara prouduk itu memenuhinya. Hubungan baik memudahkan terciptanya dialog bermakna.

Ketika rasa percaya dan ikatan terjalin kuat, tekanan penjualan akan melemah.
Jika pembeli yakin atau tahu si penjual berniat baik, mereka akan mendengarkna nasih penjual dengan pikiran terbuka. Hubungan bisa membangun rasa percaya dan ikatan.

Ketika rasa percaya dan ikatan terjalin lemah, tekanan penjualan akan menguat.
Tekanan seperti ini dapat berpengaruh negatif terhadap penjualan. Seorang pembeli yang meyakini si penjual hanya memedulikan diri sendiri akan menjadi skeptis, bahkan bersikap memusuhi. Ikatan yang buruk bisa terlihat dari penjual sinis yang mencoba mengelabui seorang pembeli yang penuh curiga namun mudah tertipu, berbeda sekali dengan dua kolega yang berusaha mencari solusi bersama. Meskipun solusi si penjual tepat, mustahil ia bisa meyakinkan seorang pembeli yang bersikap memusuhi dan acuh tak acuh. Hubungan baik dapat meminimalkan hubungan negatif saat menjual.

Semakin banyak anda belajar dari pelanggan, klien, dan rekan kerja, semakin kuat hubungan pribadi yang anda bangun dengan mereka.
Jika hubungan pribadi terjalin makin baik, rasa percaya dan ikatan di antara kedua belah pihak pun makin kuat.

Nah sudahkan kita melakukan empat prinsip diatas dalam melakukan penjualan bisnis kita sehari-hari? Semoga tulisan yang saya kutip dari buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "[TIPS BISNIS] EMPAT PRINSIP DASAR PENJUALAN"

Posting Komentar