DELAPAN GELOMBANG TSUNAMI PALING DAHSYAT YANG PERNAH TERCATAT DI DUNIA

Kondisi Kota Banda Aceh pasca Tsunami
Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tsunami)

Nah setelah kita ketahui definisi Tsunami diatas, berikut beberapa Bencana Gelombang Tsunami terbesar yang sempat tercatat oleh manusia yang menimbulkan kerugian yang tidak terhitung seperti yang say abaca disalah satu situs online, silahkan disimak :

1. Minoan, sekitar tahun 1630 S. M.
Letusan Minoa di Thera atau disebut juga dengan Letusan Santorini atau Letusan Thera, adalah letusan gunung berapi yang diperkirakan terjadi pada pertengahan milenium kedua Sebelum Masehi. Letusan ini menghancurkan Pulau Thera, termasuk peradaban Minoa dan Akrotiri. Letusan ini merupakan salah satu penyebab runtuhnya Peradaban Minoa. Kalo agan2 sekalian pernah dengar tentang Kekasih Minoa (Sepasang jasad kekasih yang ditemukan tim arkeolog sedang berpelukan di bawah lapisan abu panas jaman kuno), ya inilah TKPnya. Letusan gunung berapi di Pulau Santorini (Yunani) ini mengakibatkan gelombang yang menyapu Kreta. Konon, tsunami ini asal mula mitos Atlantis.

2. Cascadia, 1700
Pada tahun 1700, terjadi gempa bumi dengan magnitude 8,7 - 9,2 SR. Rangkaian gelombang kolosal berasal dari gempa bumi raksasa di Barat Laut Pantai Pasifik Amerika. Dokumen- dokumen berusia 300 tahunan yang merekam kejadian ini ditemukan di Jepang.

3. Lisabon (Lisbon), 1755
Gempa Lisbon 1755, juga dikenal Gempa Besar Lisbon, terjadi pada 1 November (yang merupakan hari libur Katolik; Hari Semua Orang Kudus) 1755 pukul 9:40 pada pagi hari. Gempa tersebut diikuti oleh tsunami dan kebakaran, yang menyebabkan kerusakan mendekati total di Lisbon dan area sekitarnya. Ahli Geologis saat ini memperkirakan gempa Lisbon mencapai magnitudo 9 Skala Richter, dengan episentrum di Samudra Atlantik sekitar 200 km (120 mi) barat barat daya Tanjung St. Vincent. Diperkirakan total kematian antara 60.000 hingga 100.000 orang, yang menyebabkan gempa ini menjadi salah satu gempa paling merusak dalam sejarah. Gempa tersebut menekankan ketegangan politik di Portugal dan sangat mengganggu ambisi kolonial abad kedelapan belas. Kejadian itu secara luas dibahas dan diminati oleh filsuf Pencerahan Eropa, dan mengispirasikan pengembangan utama dalam teodice dan dalam filosofi luhur. Pertama kali gempa dipelajari secara ilmiah terhadap dampakanya hingga area yang luas, hal ini membawa kelahiran seismologi modern. Lisbon musnah pascagempa bumi lepas pantai, diikuti gelombang gigantis. Candide karya Voltaire mencatat dampaknya sampai ke Barbados. Inilah satu- satunya tsunami yang diketahui berdampak di seberang Atlantik.

4. Sanriku, 1896
Gempa bumi Sanriku atau dalam bahasa Jepangnya Showa Sanriku Jishin, mengakibatkan lebih dari 20.000 jiwa melayang. Hal ini juga disebabkan oleh minimnya peringatan saat tsunami menyapu timur laut Jepang.

5. Aleut, 1946
Pada tanggal 1 April 1946, terjadi gempa bumi yang bersumber dekat dengan Pulau Aleut. Dengan magnitude 7.8 dan epicenter 52.8°N, 163.5°W, dan kedalaman 25 km. Tsunami Alaska ini mencapai Hawaii dalam tempo hanya 5 jam. Inilah pemicu diadakannya sistem deteksi dini tsunami (tsunami warning system)

6. Chili, 1960
Gempa berkekuatan 9,5 SR - terkuat menurut catatan - menyebabkan gelombang yang membunuh sekitar 2200 orang di seluruh pesisir Samudra Pasifik. Tragedi ini membuat pemerintahan di banyak negara menggalakkan kampanye bagaimana merespon tsunami.

7. Papua New Guinea, 1998
Bencana ini terjadi pada hari Jumat tanggal 17 Juli 1998. Tsunami misterius yang hanya menyerang daerah tertentu ini membantai tak kurang dari 2200 orang. Belakangan baru diketahui, gelombang pembunuh ini disebabkan oleh tanah longsor yang terjadi di bawah laut. Ternyata longsor seperti ini berpotensi terjadi di seluruh dunia.

8. Aceh, 2004
Nah, ini tsunami yang paling mengguncang dunia. Televisi kita sampe menayangkannya ampir 24 jam x 1 bulan. Gempa terjadi pada waktu 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E. Koordinat: 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 SR dan dengan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Srilangka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.  Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami mencapai 30 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

Tsunami yang terakhir ini yang sempat saya alami sendiri, dimana rumah kontrakan saya tinggal pondasi dan segalas sesuatu mulai peralatan computer sampai ijazah terbawa entah kemana.

Sekian postingan Delapan Gelombang Tsunami Paling Dahsyat Yang Pernah Tercatat Di Dunia, semoga menambah pengetahuan kita semua

Sumber Artikel : hariansobek.com

0 Response to "DELAPAN GELOMBANG TSUNAMI PALING DAHSYAT YANG PERNAH TERCATAT DI DUNIA "

Posting Komentar