TIPS AGAR MUDAH MENGINGAT PEMBICARAAN

Mungkin diantara kita ada yang sering atau pernah mengalami gangguan ingatan? Jadi setelah beberapa hari, jam, atau bahkan menit kita bisa lupa perbincangan dengan orang. Ini tentunya berbahaya apalagi perbincangannya penting semisal rapat dengan pelanggan besar.

Nah kebetulan saya baru menumukan sebuah artikel yang membahas tips-tips kecil untuk membantu sekalian agar mempermudah mengingat pembicaraan dari salah satu forum online.

Memang, mendengarkan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Sekedar mendengarkan membutuhkan konsentrasi. Jika tidak, kita tidak dapat mengingat dengan baik. Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya mengingat 50% dari apa yang dikatakan seseorang dalam 24 jam. Sebagian orang malah hanya mengingat kurang dari 25% saja. Itu saja baru dalam jangka waktu 24 jam, belum beberapa hari, atau minggu.

Kapasitas otak dalam mengingat sesuatu terbatas. Tidak semua isi percakapan dapat diingat oleh otak. Justru terkadang, anda seringkali lupa dengan isi pembicaraan di tengah perbincangan penting. Lalu bagaimana cara agar dapat mengingat pembicaraan?

1. SANTAI
Stress sering membuat pikiran jadi tidak fokus dan membuat otak tidak dapat bekerja dengan maksimal. Alhasil, ketika teribat dalam pembicaraan, anda tidak menyimak semuanya karena (mungkin) pikiran Anda melayang ke persoalan lain. Usahakan diri anda tidak panik atau gugup, buatlah diri anda santai. Tarik napas panjang dalam-dalam untuk membuat diri anda rileks. Dengan begitu, anda dapat mengingat perbincangan tersebut dengan maksimal, walau tak seluruhnya.

2. STIMULASI DIRI ANDA
Salah satu alasan anda sulit mengingat adalah karena tidak ada kemauan dari diri anda sendiri. Jadi, selalu katakan pada diri sendiri bahwa Anda ingin mengingat bagian tertentu dari percakapan itu dan konsentrasi pada bagian itu. Percaya atau tidak, cara ini akan meningkatkan kemampuan mengingat anda sampai 2 kali lipat.

3. RUTINITAS
Memang ritual yang sama setiap hari akan membuat pikiran dan emosi Anda mengikut pola yang sama. Itu sebabnya, Anda dianjurkan sesekali menyingkirkan rutinitas dari biasanya, Karena sesuatu yang baru, diyakini dapat menyegarkan pikiran dan berdampak positi bagi Anda. Meskipun begitu, untuk membuat pikiran Anda tetap sehat dan ingatan kuat, Anda disarankan menjalani hidup teratur dan terencana. Cara ini akan membuat Anda mampu mengingat sesuatu dengan mudah.

4. OLAHRAGA
Para dokter dan pakar kesehatan mengatakan bahwa olahraga dapat melancarkan dan memperbaiki sirkulasi darah ke otak. Hal ini akan memberi pengaruh positif pada otak. Otak dapat bekerja lebih segar sehingga akan memudahkan Anda untuk mengingat segala sesuatu yang akan dan sudah Anda lakukan.

5. MENYANYI
Masih ingat bagaimana Anda dulu bertambah kosakata bahasa inggris lewat lagu atau menangkap lirik romantis dengan bernyanyi? Memang musik sudah terbukti dapat memperkuat kemampuan otak, menyalurkan kreativitas dan bahkan menyembuhkan tubuh.

Sekian Postingan Tips Mudah Mengingat Pembicaraan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS AGAR MUDAH MENGINGAT PEMBICARAAN"

Posting Komentar