APAKAH ANDA TIPE ORANG YANG DIINCAR NYAMUK?

Rupanya Nyamuk juga pandang bulu dalam mencari mangsanya. Menurut Lisa Collier Cool dari Healthline yang pernah menuliskan bahwa lebih dari 20 persen manusia berpotensi menjadi incaran nyamuk. Menariknya, sejumlah penelitian menemukan beberapa faktor yang mengejutkan.

Ada dua hal utama yang menjadi faktor incaran nyamuk, yakni metabolisme dan keunikan dari tubuh masing-masing orang, demikian ungkap Dr Phil Koehler dari University of Florida. Di antara mereka, ada enam tipe orang yang dianggap atraktif dan paling sering diincar nyamuk.

Golongan darah O. 
Mereka yang bergolongan darah O berpotensi dua kali lebih besar diincar nyamuk dibanding golongan darah tipe A. Ini merunut pada studi yang pernah dilakukan di Jepang.  Nyamuk mengidentifikasi darah dari setiap gigitannya.

Orang yang suka minum alkohol. 
Dari studi yang diterbitkan Journal of the American Mosquito Control Association, nyamuk lebih memilih mereka yang meminum alkohol dibandingkan yang tidak. Hal ini karena alkohol meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi kecepatan reaksi kita, tapi terutama karena meningkatnya sikap cuek yang kita pancarkan ketika berada di bawah pengaruh alkohol.

Orang yang jarang ganti kaus kaki. 
Ternyata aroma bau kaus kaki menjadi faktor kuat buat menarik nyamuk. Bart Knols, seorang peneliti, pernah menguji coba hal ini. Sekali dia hanya mengenakan celana dalam dan menguji apakah nyamuk menggigit kakinya sebelum dan sesudah dicuci dengan sabun. Ternyata setelah dicuci, kakinya tidak banyak digigit nyamuk. Analogi yang sama terjadi ketika ada keju yang berbau, nyamuk lebh banyak kumpul di sana.

Ibu hamil. 
Peluang ibu hamil digigit nyamuk dua kali lebih besar daripada yang tidak hamil. Studi yang pernah dilakukan Gambia menemukan, ketika ibu hamil saat menghembuskan nafas, volume karbondioksida yang dikeluarkan bertambah 21 persen, dan ini menarik perhatian nyamuk. Selain itu ibu hamil memiliki abdomen yang satu derajat lebih hangat dan mudah berkeringat.

Mereka yang berkeringat banyak. 
Ketika Anda berkeringat, maka ada produksi karbondioksida dan asam lactic yang membuat nyamuk tertarik. Menurut laporan Dr Koehler, peluang Anda digigit lebih besar saat Anda berolahraga dibanding Anda berdiam diri. Karena saat berolahraga Anda berkeringat (dan ini meningkatkan suhu tubuh), dan bernafas lebih banyak.

Berpakaian warna gelap. 
Nyamuk ternyata lebih memilih mereka yang berpakaian warna gelap sebagai korban gigitan. Dalam salah satu studi ditemukan urutan warna dari yang paling atraktif hingga yang tidak diminati nyamuk, yakni hitam, merah, abu-abu dan biru, khaki, hijau, dan kuning (paling tidak diincar).

Mudah-mudahan Anda termasuk bukan tipe yang diincar nyamuk, semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua

Sumber Artikel : http://female.kompas.com

0 Response to "APAKAH ANDA TIPE ORANG YANG DIINCAR NYAMUK?"

Posting Komentar