TIPS MENGENALI EMAS PALSU

Emas selain jadi perhiasan juga bisa buat investasi sehingga ada istilah Berhias Sambil Menabung. Namun perlu diketahui, saat ini banyaknya beredar emas palsu membuat kita perlu lebih berhati hati dalam membeli emas. Jangan sampai kita tertipu dengan tampilannya yang sangat mirip dengan emas asli. Kenali atau kita akan tertipu.

Berikut beberapa ciri dari emas palsu seperti yang saya kutip dari salah satu postingan di forum kaskus, silahkan disimak :

  1. Emas palsu kerap merupakan campuran emas murni dan besi, jadi coba dekatkan dengan magnet, jika emas ini menempel sebaiknya anda curiga keaslian emas anda.
  2. Coba cium dan jika Anda menemukan aroma amis ( bau besi) bisa berarti emas ini adalah campuran atau emas palsu.
  3. Coba gesekan emas pada kaca, jika timbul goresan pada kaca artinya emas Anda campuran
  4. Coba gesekan pada keramik, dan jika timbul goresan hitam pada keramik ini juga berarti emas Anda palsu.
  5. Coba jatuhkan emas dan dengarkan suara jatuhnya, suara emas asli lebih halus dan berdenting, jika suaranya nyaring mirip suara logam keras maka jelas ini emas palsu.
  6. Coba tusuk emas dengan jarum, emas asli itu sifatnya lunak dan lembut, jadi jika batang jarum menjadi bengkok artinya ada unsur logam keras dalam emas Anda yang juga berartinya ini adalah emas palsu.
  7. Ketika Anda memakai emas ini dan menemukan jejak hitam pada kulit Anda, artinya ini emas palsu karena emas asli jelas hypoallergenic atau bukan faktor alergen.
  8. Emas adalah logam yang bersifat lembut dan lunak, namun pada sisi lain emas sangat padat dan berat, ketika Anda mengangkat emas, bila terasa ringan Anda patut curiga ini emas palsu.
Nah Jika Anda benar benar curiga dengan keaslian emas Anda, sebaiknya Anda mengunjungi ahli emas dan coba ukur karat emas dengan alat khusus. Para ahli biasanya menggunakan alat berupa sinar atau penimbang khusus untuk menilai berat dan karat emas. Dengan alat ini emas palsu akan terlihat pada pengukuran karat. Semakin besar karat pada perhiasan emas Anda semakin murni. Jika perhiasan emas Anda mengandung karat kurang dari 10 maka emas anda termasuk palsu.

Untuk mengenali emas palsu, juga beberapa ahli menggunakan metode dengan mencampur emas dengan asam klorida yang akan melarutkan logam non emas, namun cara ini juga dapat merusak emas. Karenanya banyak yang tidak memilih cara ini dalam mencari emas palsu.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS MENGENALI EMAS PALSU "

Posting Komentar