TIPS MEMPERBAIKI MEMORI OTAK

Semakin bertambah usia kita maka beberapa hal juga semakin mengalami kemunduran, salah satu diantaranya adalah memori otak kita yang terasa semakin lambat. Nah berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar dapat memperbaiki memori otak kita yang penulis dapatkan dari ebook “Ramuan Herbal Nabi” yang dipublikasi oleh salah satu situs online, yaitu sebagai berikut :

1. Tidur Cukup
Tanpa tidur malam yang nyenak, kita akan merasa lelah dan konsentrasi melemah. Dalam bukunya Power Sleep, Dr. James B. Maas, professor psikologi dari Cornell University menulis, ‘‘….tidur memegang peranan penting untuk memudahkan  penyimpanan daya ingat dan mempertahankan memori. Tanpa tidur, kesehatan mental terganggu.’’

2. Latihan Daya Ingat
Mind Mapping (peta pikiran) adalah latihan yang sempurna untuk melatih daya ingat. Mind mapping adalah system penggunaan image atau gambar yang digunakan untuk mewakili bahan-bahan yang akan dipelajari atau akan dihafal.

3. Hidup sehat
Menurut Psikolog pendidikan, Poon Cosiew Win, apa yang kita konsumsi sangat penting, karena sangat berpengaruh pada kemampuan otak dalam menyimpan informasi. Inilah rekomendasinya :
-    Minumlah air minimal delapan gelas sehari, Air berfungsi menopang sistem memori, khususnya pada orang tua. Kekurangan air dapat menimbulkan kebingungan dan kesulitan pikiran lainnya.
-    Nutrisi yang cukup. Vitamin yang penting untuk kinerja memori, seperti : tiamin, folic acid dan vitamin B12 dapat ditemui pada roti, sereal, sayuran dan buah-buahan. Ekstrak tumbuhan Ginko Biloba terbukti mampu meningkatkan daya ingat mereka yang berusia setengah baya hingga tujuh persen.
-    Jangan minum alcohol.  Selain haram mengonsumsi alkohol secara regular dapat mengganggu memori jangka pendek. Sehingga hal yang sepele,seperti menaruh kacamata juga akan lupa.
-    Kurangi kafein. Kopi dan teh memang dapat membuat seseorang terjaga, semakin banyak meminumnya, maka semakin lama terjaga. Jika seseorang banyak terjaga, maka dia akan kurang tidur. Dan kita tahu bahwa kurang tidur itu mempengaruhi memori otak.
-    Tidak merokok. Merokok dapat mengurangi jumlah oksigen di dalam otak, sehingga mempengaruhi fungsi memori. Sebuah tes membuktikan bahwa mereka yang menghabiskan satu bungkus rokok sehari mengalami kesulitan mengingat wajah dan nama disbanding dengan non-perokok.

4. Obat-obatan
Pil penenang, penenang otot, pil tidur dan anti kecemasan mengandung diazepan dan lorazepan, yang dapat mempengaruhi daya ingat dan memicu depresi.

5. Rangsang ingatan
Memaksimalkan daya ingat dapat dilakukan dengan belajar keahlian baru. Hal ini bisa merangsang syaraf-syaraf otak untuk berkembang.

6. Beri perhatian
Konsentrasilah pada hal yang Anda anggap paling penting dan bawa sampai tidur. Revisi kembali keesokan harinya, saat memori sedang pada puncaknya. Lakkan seminggu kemudian. Cara ini akan meningkatkan daya ingat. Lakukan hal ini empat kali dalam sebulan. Jika Anda sudah melakukan lima kali, tiga bulan kemudian informasi ini akan tersimpan dalam ingatan Anda.

7. Hubungkan fakta pada imajinasi
Memori bekerja lewat hubungan. Maka ciptakan hubungan antara informasi dengan teknik menghafal.

8. Terorganisasi
Lingkungan kerja yang berantakan menyulitkan kita untuk menemukan dan mengingat banyak hal. Catat tugas dan janji penting dalam agenda. Ini akan membantu Anda mengingat hal-hal kecil.

Sekian postingan Tips Memperbaiki Memori Otak semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "TIPS MEMPERBAIKI MEMORI OTAK"

Posting Komentar