TIPS CARA AMPUH MENANGANI SULIT TIDUR

Mungkin Anda termasuk dalam 40% orang dewasa yang mengalami insomnia, gangguan tidur yang sangat umum terjadi terutama di kota-kota besar yang tingkat stresnya tinggi. Gangguan ini mencakup kesulitan untuk tertidur, terbangun dan sulit sekali untuk tidur kembali atau selalu terbangun lebih awal. Jika ini hanya berlangsung beberapa hari disebut dengan insomnia sementara, jika beberapa minggu disebut dengan insomnia jangka pendek. Masalah ini akan menjadi kronis jika terjadi pada setiap malam dalam seminggu dan baru berakhir setelah sebulan atau bahkan lebih.

Insomnia itu sendiri bukanlah suatu penyakit tetapi lebih tepatnya adalah suatu gejala dari masalah lain atau beberapa masalah lain. Entah itu masalah fisik, emosi atau tingkah laku. Nah berikut beberapa tips semoga bisa mengatasi masalah sulit tidur Anda seperti yang saya kutip dari ebook “Ramuan Herbal Nabi” yang dipublikasi oleh salah satu situs online, yaitu sebagai berikut :
  1. Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur. Makanlah pada waktu berjarak paling cepat 2 jam dari waktu tidur.
  2. Minum susu hangat akan membantu terlelap. Kalsium dan protein dalam susu membantu menenangkan syaraf.
  3. Latihan pada sore hari baik dilakukan asalkan jangan terlalu keras dan tidak dekat dengan waktu tidur (kira-kira 2-3 jam sebelum tidur). Gerak badan akan membuat darah turun ke kaki dan kondisi ini baik untuk memicu kondisi relaks.
  4. Tidurlah dengan lampu dipadamkan agar melatonin dapat bekerja sempurna merangsang pusat tidur dan memicu berbagai proses pemulihan.
  5. Kenakan pakaian yang longgar agar dapat bernapas dengan leluasa.
  6. Kenakan kaus kaki bila perlu. Terutama bila tidur di ruangan ber-AC. Rasa dingin di kaki bisa membuat kaki kram dan membuat sering terbangun di malam hari.
  7. Jangan membaca di tempat tidur karena bisa memperpanjang fase pra-tidur.
  8. Berolah raga teratur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.
  9. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu
  10. banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil.
  11. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulkan suara, pastikan Anda nyaman dengan suhu ruangan tidur Anda.
  12. Jauhkan jam meja dari pandangan Anda karena benda itu dapat membuat Anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  13. Kurangi mengonsumsi minuman yang bersifat stimulant atau yang membuat Anda terjaga seperti teh, kopi. Alkohol dan rokok juga tidak boleh dikonsumsi, selain haram
  14. keduanya juga akan menyebabkan Anda terjaga yang tentu saja tidak Anda perlukan bila Anda ingin tidur.
  15. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  16. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketegangan tubuh.
  17. Gunakanlah tempat tidur Anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat Anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  18. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya.
  19. Selesaikanlah seluruh masalah yang masih mengganjal dalam pikiran. Bila belum selesai, jadikan ia sebagai
Sekian postingan Tips Agar Terhindar Dari Sulit Tidur, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "TIPS CARA AMPUH MENANGANI SULIT TIDUR"

Posting Komentar