BEBERAPA TIPS MEMILIKI RUMAH SEHAT

Rumah adalah kebutuhan utama bagi manusia. Rumah sehat merupakan keinginan bagi setiap penghuninya. Dimana selain melindungi dari terik matahari dan hujan, rumah juga dapat memelihara kesehatan para penghuninya.

Sehatnya sebuah hunian yang baik memiliki beberapa ciri, antara lain:
  • Sistem sirkulasi. Dimana yang dimaksud sistem sirkulasi adalah tersedianya ventilasi/ lubang angin yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya udara dari dalam rumah dan luar rumah, agar tidak terasa pengap.
  • Pencahayaan yang cukup. Sebaiknya pencahayaan sebuah rumah berasal dari cahaya alami, yang mana pada siang hari sinar matahari mampu masuk ke dalam rumah, sehingga tidak perlu pencahayaan dari energi listrik. Energi listrik hanya digunakan pada malam hari. Selain menyehatkan, mampunya cahaya matahari masuk ke rumah juga dapat menghemat energi listrik.
  • Memiliki sanitasi yang baik. Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sistem sanitasi/ pembuangan yang terjaga kebersihannya.
  • Penghijauan rumah. Dengan adanya beberapa tanaman di sekitar rumah, manusia mendapatkan manfaat dari adanya tanaman tersebut. Tanaman tersebut mampu menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusia dan mampu menjaga kesehatan.
Dari beberapa ciri yang sudah dibahas diatas, hampir secara keseluruhan atau sebagian rumah tentu sudah memilikinya. Lalu, bagaiamana cara merawat rumah sehat?  Apa yang harus diperhatikan agar rumah sehat Anda terjaga dengan baik?

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda untuk menjaga dan mewujudkan sebuah hunian sehat:
  • Hindari bahan-bahan kimia yang mudah menguap, seperti perabot rumah dengan bahan kimia berbahaya VOCs (Volotile Organik Compounds), yang biasanya terdapat pada cat, busa, dan. Pilihlah produk-produk yang berbau rendah.
  • Bersihkan kamar mandi secara rutin. Membersihkan kamar mandi secara rutin mampu membatasi pertumbuhan jamur yang menimbulkan bau tidak sedap di kamar mandi.
  • Bersihkan kamar tidur secara rutin. Hal yang bisa dilakukan setiap hari adalah membersihkan kamar tidur. Membersihkan kamar tidur secara rutin tidak akan menyita banyak waktu Anda. Biasakan membersihkan tempat tidur setelah bangun tidur dipagi hari.
  • Usahakan jendela dibuka secara rutin, agar terjadi sirkulasi udara. Dimana dengan adanya sirkulasi udara, udara di dalam rumah lebih terasa segar.
  • Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lebih detail. Biasanya untuk pemilik sofa dari kain atau karpet, cukup banyak debu yang menempel, bahkan tidak cukup hanya dibersihkan dengan sapu, karena debu-debu tersebut bisa kembali menempel. Salah satu cara lebih aman adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa dan karpet dari kotoran-kotoran yang tidak terlihat oleh mata tapi sangat membahayakan kesehatan.
Sekian postingan beberapa tips yang mungkin bisa membantu usaha Anda untuk mewujudkan hunian sehat. Namun, tidak hanya rumah yang didesain sebagai rumah sehat, penghuninya pun harus terus menjaga kondisi rumah agar tetap sehat. Hal ini secara langsung tentu akan berimbas baik bagi para penghuni rumah. Mari mulai hidup sehat dari diri sendiri dan tempat tinggal.

Sumber Artikel :  http://nuwansa.com/tips-memiliki-rumah-sehat.html

0 Response to "BEBERAPA TIPS MEMILIKI RUMAH SEHAT"

Posting Komentar