BEBERAPA MANFAAT AIRMATA SAAT WANITA MENANGIS

Menangis memang tak bisa lepas dari kehidupan kaum wanita. Banyak efek yang ditimbulkan bila terlalu lama menangis seperti mata bengkak atau memerah. Tapi sebenarnya ada fakta positif dibalik tangisan wanita yang mungkin belum banyak diketahui.

Rupanya menangis juga punya manfaatnya, salah satunya adalah air mata yang keluar saat kita menangis. Ingin tahu manfaat airmata saat wanita menangis? Simak liputannya berikut ini seperti yang dikutip oleh nuwansa.com :

Membunuh bakteri
Dalam airmata terdapat kandungan lisozom atau semacam cairan yang berperan sebagai anti bakteri alami. Zat ini mampu membunuh lebih dari 90 – 95% bakteri yang biasanya tertinggal di pegangan tangga, pegangan pintu, keyboard komputer atau pada saat bersin. Lisozom mampu membunuh bakteri-bakteri tersebut tak lebih dari 5 menit, bahkan daya basmi terhadap bakteri ini lebih efektif dari obat tetes mata. 

Mengeluarkan racun
Hasil penelitian dari William Frey pakar biokimia, menunjukkan bahwa air mata dari seorang wanita yang menangis karena emosional banyak mengandung racun. Tapi ini justru pertanda bagus karena sebagian racun dalam tubuh dikeluarkan melalui airmata.

Membantu penglihatan
Mengapa airmata bisa membantu penglihatan? Bukankah penglihatan justru menjadi kabur karena terhalang oleh airmata? Pengertiannya begini, cairan yang keluar dari mata berupa airmata tersebut mampu meminimalkan dehidrasi yang biasanya terjadi pada membran mata yang membuat penglihatan kabur.

Meningkatkan mood
Dengan menangis, level depresi pada wanita cenderung menurun drastis, dengan begitu perasaan menjadi lega dan otomatis mood kembali naik. Berbeda dari airmata yang keluar karena iritasi mata, airmata yang dihasilkan oleh tangisan karena faktor emosi mengandung 24% protein albumin untuk meregulasi sistem metabolisme dalam tubuh.

Mengurangi stress
Bagaimana ceritanya airmata bisa menghilangkan stress? Airmata yang keluar ketika menangis ternyata mengandung hormon stress dalam tubuh yang biasa disebut endorphin leucine-enkaphalin serta prolactin. Selain berfungsi menurunkan level stress, penyakit yang ditimbulkan akibat stress seperti darah tinggi bisa dilawan dengan airmata.

Melegakan perasaan
Tidak hanya wanita, semua orang akan merasa lega dengan menangis. Perasaan lega akan muncul dengan sendirinya setelah menangis meskipun didera berbagai macam masalah berat. Hal ini disebabkan setelah menangis, jantung, otak dan sistem limbic berfungsi lancar sehingga menimbulkan perasaan lebih baik dan lega.

Sekian postingan Manfaat Air Mata saat Wanita Menangis, semoga info ini  dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : nuwansa.com

0 Response to "BEBERAPA MANFAAT AIRMATA SAAT WANITA MENANGIS"

Posting Komentar