BEBERAPA OBAT TRADISIONAL UNTUK MEMBASMI KUTU RAMBUT

Punya kutu di rambut memang menjengkelkan, kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Kutu rambut sulit ditemukan karena warnanya sangat mirip dengan warna rambut dan ukurannya kecil. Kutu rambut jantan dewasa berukuran sekitar dua milimeter, sedangkan yang betina sedikit lebih besar karena memiliki rongga perut untuk telur-telurnya.keberadaannya bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan karena menimbulkan gatal terus-menerus di kepala.

Berikut adalah beberapa bahan tradisional yang mudah didapat dan efektif menghilangkan kutu rambut yang kami rangkum dari beberapa sumber :

Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak kayu putih dan jeruk nipis
Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.

Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik)
Tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik Pada malam hari. Di pagi harinya, basuh kepala untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut.dan ulangi hanya jika diperlukan.

Membasmi Kutu Rambut dengan Cuka Putih.
Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut. Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai Anda bebas kutu rambut.

Membasmi Kutu Rambut dengan Bawang Merah
Ambil 10 biji bawang merah, cuci bersih dan parut. Setelah itu bungkus bawang yang sudah diparut dengan kain dan ikat yang kuat membentuk bulatan. Selanjutnya usapkan bulatan bawang merah berbungkus kain itu secara merata pada rambut. Setelah semua bagian rambut rata terkena usapan parutan bawang merah, bungkus rambut dengan handuk selama semalam dan pada pagi harinya keramaslah hingga 3 kali.

Pencegahan
Pencegahan adalah terapi yang paling efektif dan murah.
  1. Setelah menyadari Anda memiliki kutu rambut, periksa anggota keluarga lainnya dan pastikan tidak ada satu pun anggota keluarga lain yang juga bermasalah kutu rambut. Lakukan penanganan yang sama bila ada anggota keluarga yang terkena.
  2. Usahakan untuk tidak berbagi peralatan yang dapat menjadi sumber penularan kutu seperti sisir, topi, handuk, bantal, dll.
  3. Jangan menggantung handuk, topi, jilbab dan lain-lain di tempat gantungan yang sama sehingga kutu rambut bisa melompat dari satu barang ke barang lain.
  4. Untuk sementara pisahkan tempat tidurnya. Kutu dapat melompat dari kepala yang satu ke yang lain sewaktu mereka tidur dengan kepala berdekatan.
Sekian Postingan Beberapa Obat Tradisional untuk Membasmi Kutu Rambut, semoga bermanfaat.

0 Response to "BEBERAPA OBAT TRADISIONAL UNTUK MEMBASMI KUTU RAMBUT"

Posting Komentar