TIPS CARA NYAMAN NAIK BUS MALAM BAGI PEMULA

Bus Simpati Star Trayek Banda Aceh - Medan
Bus Malam sebenarnya hanya sekedar istilah yang sering dipakai orang. Ini terjadi karena bus jenis ini biasanya memang berangkat malam hari, bentuk bus tidak berbeda dari bus yang biasa yang kita lihat di siang hari. Di beberapa daerah bus malam menjadi primadona karena kenyamanannya dan cepatnya. Di daerah Aceh terdapat beberapa Bus Malam yang cukup berkelas dan terkesan mewah dengan fasilitas yang lengkap termasuk Wi-fi.

Di beberapa daerah, Bus Malam merupakan salah satu transportasi andalan untuk berpergian, khususnya jarak jauh. Terutama bagi para perantau di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Bagi Anda yang belum pernah naik bus malam, bus malam ini beda dengan bus kota atau AKAP. Armada2 yang digunakan kebanyakan armada baru dengan tipe "Eksekutif" setara dengan bus pariwisata atau patas. Kursinya empuk dan dapat diselonjorkan dengan konfigurasi kursi 2-2, sudah full AC, intertainment (VCD player, LCD monitor) dan memberikan servis makan malam gratis (ada juga yang tidak). Sebelum naik, biasanya penumpang membeli tiket dan menunggu dulu di Agen resmi atau di terminal. Jumlah penumpang pun sesuai dengan jumlah tiket, jadi tidak bakal bersempit-sempitan seperti di bus ekonomi.

Nah berikut beberapa tips cara nyaman naik Bus Malam yang saya kutip dari postingan salah satu member kaskus, mudah-mudahan berguna bagi Anda erutama yang akan dan untuk pertama kali naik Bus Malam, silahkan disimak :

1. Beli tiket jauh-jauh hari di Agen resmi
Tidak seperti naik bus kota/angkot yang bayar setelah naik, naik bus malam harus beli tiket sebelumnya. Saya sarankan untuk membeli minimal tiga hari sebelum keberangkatan guna menghindari tiket habis, terutama ketika Weekend. Lebih lama, lebih bagus, apalagi kalau musim liburan semester, biasanya harus membeli seminggu sebelumnya. Dan kalau lebaran, minimal sebulan sebelum hari H. Tiket bisa dibeli di Agen resmi baik itu di pool maupun di terminal, Tiket berisi nama penumpang dan HP, nomor kursi, nomor bus, tempat duduk, jam kumpul penumpang & keberangkatan. Tiket biasanya juga termasuk sebagai kupon servis makan gratis.

2. Datanglah tepat waktu
Seperti pesawat, bus malam juga memiliki target waktu berangkat dan tiba. Usahakan untuk datang sebelum jam kumpul penumpang, atau paling telat jam keberangkatan. Jam kumpul penumpang biasanya 30 menit sebelum jam keberangkatan bus. Kalau sampe telat setengah jam lebih, kemungkinan besar Anda akan ditinggal sebagai konsekuensi untuk menghormati penumpang yang lain.

3. Pisahkan Barang Bawaan Berharga
Bus malam juga menyediakan bagasi bagi penumpangnya, setidaknya satu koper besar. Bagi Anda yang membawa banyak barang, usahakan untuk memisahkan barang berharga. Saya sendiri biasanya menaruh pakaian dan barang berat di koper/tas besar untuk ditaruh di bagasi Bus, sebelumnya kita kasih tanda / nama. Sedangkan Dokumen penting dan Laptop ditaruh di tas punggung dan dibawa naik di dalam bus. Taruh tas di depan bawah kursi. Ya sedikit mengurangi kenyamanan tetapi lebih aman karena berada dijangkauan kita. Untuk oleh2 seperti makanan biasanya ane taruh di rak di atas kursi.

4. Bawa air minum dan snack
Meskipun mayoritas bus malam menyediakan servis makan, dianjurkan untuk membawa makanan, setidaknya air minum. kenapa? karena waktu makan malam rata2 2-3 jam setelah bus berangkat, tentunya lama waktu tersebut bisa buat Anda kelaparan. Beberapa Bus malam juga menyediakan air minum dan snack secara gratis. Dan yang paling penting, jangan bawa makanan berbau tajam.

5. Jangan buang tiket setelah naik bus
Setelah naik bus, tetap simpan tiket sampai di rumah makan karena ditukarkan sebagai kupon servis makan di rumah makan.

6. Pakai jaket dan kaos kaki
Pakailah jaket dan kaos kaki karena AC di bus kebanyakan diset cukup dingin, IMHO lebih dingin dari mobil pribadi. Pengalaman suhunya di set 21 C - 19 C. Pihak bus biasanya sudah menyediakan selimut, tetapi ya lebih 'sreg' lagi kalau kita pakai jaket sendiri.

7. Hemat baterai HP
Di bus semalaman biasanya bikin suntuk, apalagi kalau Anda gak bisa tidur. Dan HP biasanya sebagai solusinya. Tapi ingat Gan, jangan boros gunakan HP saat di bus, apalagi sampai main COC + dengerin musik + Streaming Video . Mungkin kalau buat dengerin musik via Heatset gak bakal ngabisin baterai. Pokoknya jangan sampai pagi tiba ditujuan, Anda mau telpon temen buat jemput, HP sudah tidak ada baterai. Salah satu solusinya mungkin membawa powerbank sendiri.

8. Pesan Kru Bus untuk mengingatkan
Buat Anda yang tidurnya suka kebablasan atau kalau tidur kayak mayat, susah dibangunin, saya sarankan minta tolong ke kru bus (kernet) buat bangunin saat tiba di tujuan Anda. Kecuali tujuan Anda merupakan pemberhentian terakhir Bus

9. Bawa barang berharga saat makan
Ketika Bus berhenti di rumah makan, wajib buat membawa barang berharga Anda. Di rumah makan banyak bus lain dan orang lalu lalang, disinilah tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

10. Toilet Bus hanya untuk buang air kecil saat bus berjalan
Toilet bus memang sebenarnya sifatnya emergency saja, jadi cuma boleh digunakan untuk buang air kecil. Itupun hanya saat bus berjalan. Ketika bus berhenti di rumah makan atau SPBU, disarankan untuk buang air di toilet umum. Jangan lupa untuk izin kru bus supaya tidak ditinggal.

11. Bawalah headset
untuk beberapa penumpang, kadang kurang suka mendengarkan musik, atau mungkin beberapa kasus musik yang dimainkan di bus tidak sesuai dengan selera. di sini heatset bisa Anda jadikan alternatif untuk mendengarkan musik dari HP Anda sendiri, atau setidaknya buat menyumbat kuping dari suara2 yang kurang Anda suka

12. Jangan bawa pulang bantal dan selimut yang disediakan
Walaupun sepele dan sudah ada peringatan untuk dilarang membawa pulang bantal dan selimut. Kadang kala masih saja kita temukan beberapa orang yang bawa selimutnya turun. Gak tau apa emang gak punya selimut atau ngefans banget sama selimut yang ada tulisan POnya . Tapi yang jelas itu milik bus yang harus ditinggalkan ketika penumpang turun dari bus

Sekian postingan Tips Cara Nyaman naik Bus Malam, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : kaskus.co.id

2 komentar untuk "TIPS CARA NYAMAN NAIK BUS MALAM BAGI PEMULA"