TIPS CARA MENDAPATKAN SKOR TOEFL TINGGI

Kemampuan TOEFL mempengaruhi peluang kerja
Test TOEFL merupakan sesuatu yang wajib saat ini bila menginginkan pekerjaan, beasiswa atau kenaikan pangkat/jabatan yang lebih bergengsi. Namun tidak banyak orang yang mampu mencapai skor TOEFL sesuai keinginan, pemilik Blog Tips dan Trik ini juga masih gagal mencapai Skor TOEFL yang diinginkan.

Saat ini Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris memang tidak hanya TOEFL, ada IELTS, TOEFL IBT dan TOEFL PBT. Dari tiga jenis itu, biasanya TOEFL (Test of English as a Foreign Language Paper Based Test) lah  yang sering kamu lakukan karena biaya tesnya yang lebih murah. Skor yang tertera dalam sertifikat TOEFL bisa menjadi penentu keberhasilan.

Berikut beberapa tips agar mendapatkan skor TOEFL tinggi seperti yang saya kutip dari situs hipwee, silahkan disimak :

Jangan Malu Belajar Otodidak bila tidak ikut les TOEFL preparation.
Mengambil tes TOEFL itu tak harus les preparation dulu, Kamu bisa belajar secara otodidak di rumah. Asalkan kamu punya bahan atau buku yang berkulitas. Kamu bisa gunakan buku TOEFL preparation seperti Oxford ataupun Baron. Buku berkualitas biasanya akan menyertakan CD untuk latihan listening, dan menjelaskan secara sistematis seperti memberikan contoh soal pertopik. Selain itu, kamu juga bisa lebih paham tentang pola dan perintah-perintah yang biasanya dicantumkan dalam soal. Dengan begitu kamu tak akan gagap dan membuang-buang waktu membaca instruksi saat ujian tiba.

Jangan Berhenti Belajar
Jika kamu tak mengambil les preparation, kamu bisa membuat peraturan sendiri dengan mulai latihan soal sejak dua minggu sebelum tes dilakukan. Jika kamu terlalu sibuk kuliah atau bekerja, alokasikan waktu 2 jam dalam sehari untuk bergulat dengan materi TOEFL yang harus kamu lahap. Jika kamu mau disiplin terhadap peraturan ini, maka otakmu bisa semakin akrab dan intim dengan soal-soal pada tes nanti.

Perbanyaklah nonton film dengan subtitle bahasa inggris.
Karena kita bukan seorang native yang biasa menggunakan bahasa Inggris, maka gak sedikit orang yang merasa kesusahan dengan sesi listening. Percakapan berbahasa Inggris menjadi terasa tak familiar di telinga. Nah, untuk mengatasi itu, kamu bisa latihan dengan memperbanyak nonton film dengan subtitle berbahasa Inggris. Jadi telingamu bisa lebih familiar dengan conversation. Selain kamu lebih paham cara pengucapan dan maknanya.

Lakukan Tes simulasi
Sebelum kamu mengambil tes TOEFL yang sebenarnya dari ETS (biasanya harga $27), gak ada salahnya kamu mengambil simulasi tes atau biasa disebut TOEFL prediction test. Tes simulasi ini bisa membantumu tahu sejauh mana kamu harus belajar. Biasanya, hanya dengan membayar Rp. 15.000-  Rp 60.000, kamu sudah bisa menjajal tes TOEFL dan tahu kisaran kemampuanmu. Nah, jika ternyata masih jauh dari harapan, kamu masih punya kesempatan untuk belajar lebih giat lagi. Jadi kamu tak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk mengulang tes TOEFL dari ETS lagi.

Cukup beri tanda pada lembar jawaban agar kamu tak terdistraski dengan sibuk membulati.
Meski bukan native berbahasa Inggris, bukan berarti kamu tak berhak untuk punya skor tinggi di sesi listening ya. Selain membiasakan diri dengan percakapan di film-film, kamu juga bisa mensiasati dengan tips lain. Sesi listening itu butuh konsentrasi cukup tinggi. Percakapan dan bacaan akan diputar sekali tanpa di ulang lagi. Nah, agar kamu tak ketinggalan informasi, alangkah baiknya kamu berhenti menyibukan diri dengan membulati lembar jawaban. Kamu bisa memberikan tanda centang di bagian soal atau kamu bulati sekedarnya di lembar jawabannya. Jika sesi ini sudah berakhir, barulah kamu sempurnakan bulatanmu.

Bacalah soalnya terlebih dahulu.
Sesi reading seringkali memakan banyak waktu karena paragraf bacaannya yang panjang. Agar kamu tak kehabisan waktu, siasatilah dengan membaca soal lebih dulu. Bacalah soal sekilas, ambil poinnya, lalu cari jawabanya di paragraf tertentu. Cara seperti ini lebih praktis, karena kamu tak perlu lagi membaca text secara keseluruhan. Kamu bisa lebih fokus pada paragraf-paragraf yang memang mengandung jawaban, jadi waktumu tak akan lagi terbuang.

Fokus Pada Sesi Yang Punya Skor Tinggi, Misalnya Structure dan Listening.
Tes TOEFL itu terdiri dari tiga sesi, listening, structure, dan reading. Cara penilaian bisa kamu perhatikan kolom di bawah ini. Jumlah jawaban yang benar pada setiap sesi akan dikonversi dengan nilai nilai potakan dari ETS. Lalu ketiga nilai itu dijumlahkan. Kemudian dibagi tiga, lalu dikalikan 10. Maka skor TOEFL bisa diketahui. Nah, bisa kamu amati bahwa ternyata setiap sesi ternyata punya bobot nilai yang bebeda-beda ‘kan? Sesi structure dan listening cenderung punya skor yang tinggi. Jadi, jika waktumu sudah hampir  habis, kamu bisa genjot pada kedua sesi ini ya.

Jangan terpaku pada satu soal
Tes TOEFL itu terdiri dari 140 soal yang harus kamu pecahkan dalam waktu kurang lebih 2 jam. Kualitas soal bervariasi, ada yang susah dan ada yang mudah. Alih-alih hanya fokus mengerjakan soal susah yang bermenit-menit tak kunjung mendapat jawaban, alangkah baiknya kamu tinggalkan sejenak dan move on untuk mengerjakan soal lainnya jika menemui soal yang susah. Jika memang memungkinkan, kamu bisa mengejakannya saat ada waktu luang diakhir sesi. Dengan begitu, waktumu tak terbuang sia-sia, energi dan otakmupun bisa lebih tepat sasaran.

Jika masih ada waktu luang, sempatkan koreksi soal yang susah saja.
Kualitas soal TOEFL itu bersifat gradual. Biasanya, soal pada nomor awal cenderung lebih mudah. Semakin ke belakang, biasanya semakin susah dan kompleks. Nah, jika pada saat akhir sesi kamu masih punya waktu luang, gak ada salahnya untuk mengoreksi kembali jawaban pada nomor-nomor besar ini. Memastikan jawabanmu sudah tepat. Namun hal ini tidak berlaku untuk sesi listening lho ya.

Konsumsilah makanan yang sehat
Tak hanya materi saja yang perlu kamu persiapkan, tubuh sehat dan otak yang fresh  juga butuh kamu perhatikan. Sebelum berangkat ujian, pastikan kamu sudah sarapan. Pilihlah menu makanan yang bisa meningkatkan fokus otak, misalnya telur, coklat, kacang-kacangan, daging, dan tak lupa makan buah. Jadi kamu pikiranmu lebih cemerlang dan terhindar dari kelaparan. Maka nilai maksimal bisa kamu dapatkan tanpa hambatan.

Datang lebih awal ke tempat test
Waktu 2 jam untuk mengejakan 140 soal tentu bukanlah waktu yang lapang. Kamu harus berpacu dengan kecepatan dan ketelitian. Nah, agar waktumu tak makin minim, pastikan kamu tak datang terlambat. Alih-alih datang tepat pada jam yang dijadwalkan, alangkah baiknya kamu sudah ada di lokasi 15 menit sebelum tes dimulai. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih relaks, tenang, dan merasa siap. Dan jangan lupa berdoa ya.

Sekian postingan tentang  Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : hipwee.com

0 Response to "TIPS CARA MENDAPATKAN SKOR TOEFL TINGGI"

Posting Komentar