TIPS BELANJA ANEKA OLEH-OLEH SAAT TOUR

Tips Belanja Oleh-Oleh
Salah satu tradisi di masyarakat kita yang sering dilakukan saat liburan adalah melakukan perjalan/rekreasi baik bersama keluarga, teman kantor maupun para sahabat. Mungkin dari kita pernah melakukan perjalanan/Tour/Rekreasi dengan menggunakan jasa Travel baik itu pribadi / kelompok (Group), tidak jarang pula Travel yang kita sewa biasanya menyediakan pemandu wisata/perjalanan biasa juga disebut TL (Tour Leader). Keberadaan TL ini sangatlah membantu didalam perjalan Anda apalagi jika anda/Group belum paham tentang lokasi/medan tujuan dari perjalan Anda.

Salah satu agenda yang tidak terlewatkan dalam sebuah perjalanan adalah “Belanja Oleh - Oleh”… Dan Fenomena sekarang adalah Tujuan belanja oleh-oleh ini biasanya ditentukan oleh pihak Travel/TL, kita akan diarahkan kesalah satu Toko/Pusat Oleh-oleh yang biasa menjadi langganan pihak Travel/TL . Dan tahukan Anda, biasanya antara Toko dan Pihak Travel/TL ini biasanya sudah mempunyai perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dimana pihak Travel/TL akan mendapatkan sekian persen dari total belanjaan Anda/Group. Meskipun tidak semua Travel menerapkan pola ini bahkan tidak sama sekali.

Nah bagi Anda yang ingin berbelanja “Aneka Oleh-oleh” saat Tour, berikut saya rangkumkan beberapa tips yang dapat anda coba yang saya kutip dari salah satu forum online, silahkan disimak :
  1. Sebelum melakukan perjalanan carilah Referensi Toko-toko apa saja yang layak (menjual barang dengan harga normal) dangan cara browsing diinternet atau bertanya pada orang yang lebih paham/mengerti.
  2. Tentukan sendiri Tujuan Toko/pusat oleh-oleh yang menurut anda bagus dan layak
  3. Jangan sungkan untuk menentukan sendiri tujuan belanja karena pihak Travel/TL Anda sewa untuk kenyamanan perjalanan Anda/Group.
  4. Saat berbelanja perhatikan exp pada tiap kemasan
  5. Saat memilih makanan yang didisplay di rak/etalase cobalah pilih yang barisan paling belakang biasanya exp lebih lama alias barang baru selalu ditaruh baris paling belakang hehehe….
  6. Carilah Oleh-oleh yang sesuai dengan ciri khas tempat tujuan Tour Anda (masak belanja oleh-oleh kerupuk yang ditempat asal Anda sudah banyak hehehehe……)
  7. Jangan terpengaruh harga yang dibawah harga normal, misal contoh harga keripik buah normal Rp. 12.000/bks, disitu ada yang menjual harga Rp. 30.000 dapat 10bks (maka siap-siaplah Anda kecewa saat membukanya hehehehe……. ) karena itu KW2 (hancur) dan isinya Cuma beberapa gram saja mereka mengakali dengan kemasan yang melembung biar keliihatan banyak….
  8. Apabila bisa menawar maka tawarlah dengan harga termurah, dengan cara membandingkan satu penjual satu dengan penjual yang lain.
  9. Biasanya Toko oleh-oleh menyediakan tester dari produk-produk yang mereka jual, jadi jangan sungkan atau malu untuk mencoba, lumayan kan bisa incip-incip gratis hehehehee….
  10. Jika Jadwal tujuan Tour Anda masih banyak mending belanja secukupnya dulu, dikarenakan saat anda berkunjung ke tujuan yang lain anda akan menemukan wisata belanja/barang baru lagi.
  11. Sendirikan atau pilah jenis belanjaan Anda (cair, Aroma menyengat, pakaian, atau yang mudah hancur).
  12. Mintalah packaging yang baik kepihak toko untuk menjaga barang belanjaan Anda.
  13. Beri nama pada kardus/kantung belanjaan anda, supaya saat ditaruh dibagasi tidak sampai tertukar

Sekian postingan singkat tentang Tips Belanja Aneka Oleh-Oleh Saat Tour. Ingin mengetahui daerah mana saja yang cocok Anda jadikan lokasi wisata akhir tahun? Jangan lupa singgah ke Blog Kawan di SabangIsland.blogspot.com (referensi lokasi wisata Kota Sabang)

Sumber Artikel : m.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS BELANJA ANEKA OLEH-OLEH SAAT TOUR"

Posting Komentar