TIPS CARA AMPUH MEREDAM EMOSI

Emosi
Kadang kala kita dihadapkan pada masalah yang membuat kita emosi bahkan tidak jarang membangkitkan emosi kita yang sangat kuat dan berlebihan. Kondisi ini bila tidak tertanggulangi tidak jarang membuat kita mencari jalan pintas. Bagi yang kuat nilai agamanya mungkin akan lari ke memperdalam ilmu agamanya dan mencari solusi akan masalah yang dihadapi, namun bila tidak ada iman biasanya dapat membuat orang berperilaku tidak sehat, seperti menggunakan obat-obat terlarang, atau melampiaskan frustasi mereka pada orang yang salah sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain disekitarnya.

Kadang kala emosi yang tidak bisa terbendung akan menimbulkan hal yang buruk dan negatif, sedangkan emosi yang ditahan dapat membuat seseorang depresi. Banyak orang yang tidak peduli dengan emosi mereka sehingga sulit mengindetifikasi emosi sendiri, beberapa orang mungkin merasa marah ketika emosi bersumber dari rasa sakit. Bahkan ada yang menganggap bahwa emosi hanya berhubungan dengan rasa marah atau jengkel, karena seseorang akan meluapkan emosinya ketika dipancing oleh hal-hal yang tidak disukainya, apalagi ditambah dengan tekanan-tekanan yang membuat panas suasana hatinya.

Bagi Anda yang punya masalah dengan emosi, ada baiknya menyimak beberapa langkah dan sikap meredam emosi berikut ini, seperti yang dikutip dari kusuka.com :

Usahakan Berpikir Tenang
Cobalah untuk berfikir tenang, diam sejenak dan berusaha untuk menarik lebih banyak pikiran yang lebih baik kedalam hidup anda untuk nanti bersikap bila datang rasa marah. Marah boleh saja dikatakan, namun berusahalah untuk mengungkapkan dan bersikap dengan cara yang baik-baik tanpa menyakiti perasaan atau menundukan mereka.

Tarik Nafas Dalam-Dalam
Tarik nafas dalam-dalam beberapa saat, karena tindakan sederhana ini sangat membantu anda dalam menghilangkan atau mengatasi kemarahan, dan berpikir mengapa dan kenapa anda harus marah?

Cari Tempat yang Tenang
Cari tempat yang paling tenang sesuai selera anda untuk berfikir mencari solusi dengan nyaman, seperti kepantai atau kebun-kebun hijau yang meneduhkan mata dengan suasana nyaman dan fresh. Ini akan membantu pikiran anda kembali jernih dan mendapatkan jalan keluar yang baik dan cepat dengan tenang.

Perbanyak Aktivitas Fisik
Lakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan sejenak, berlari, maupun jogging sambil mendengarkan musik yang paling nyaman menurut anda dengan headset di telinga. Atau cobalah sesekali ketempat fitness. Jikapun tidak, anda dapat dapat juga melakukanya di rumah. Olah raga memang terbukti dapat mengurangi rasa emosi dan marah anda dan ini sudah dilakukan penelitianya karena dapat mengalihkan kemarahan. Ketahuilah bahwa aktivitas fisik bisa mengeluarkan hormon yang bisa membuat seseorang bahagia.

Perbanyak Istighfar dan Olah Nafas
Bila emosi meningkat, maka kecerdasan menurun, bahkan hilang sama sekali. Hindarilah berbuat sesuatu apa bila kondisi hati sudah tidak merasa nyaman. Sering-seringlah eling atau istighfar sambil olah nafas, sehingga otak kita bisa menerima energy positif dari lingkungan.

Hilangkan dan Hapus Pemikiran yang Salah
Pikirlah hal negatif yang dirasakan, hapuslah segala pemikiran dan keyakinan yang salah ketimbang marah yang berlanjut pada tindakan yang tidak terkendali yang membuat berantakan segala sesuatunya dan pada akhirnya merugikan diri sendiri.

Tumbuhkan Pemikiran Positif
Kembangkan pemikiran dan sikap positif anda bisa mengontrol hidup anda dengan baik. Jika pemikiran kita baik dengan berpikir positif, maka hal itu bisa membuat tubuh juga lebih sehat, hal ini dikarenakan pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana bekerjanya. Berpikir positif mencegah anda mengambil keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian anda sesali.

Berpikir Positif
Berpikir positf membuat anda memilih keputusan dengan cepat dan benar, karena berpikir positif akan memancarkan energi positif, maka hal ini akan berpengaruh pada kesuksesan hidup anda. Sikap positif tidak hanya bisa meningkatkan fokus anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik, tetapi mengarahkan anda pada kebahagiaan dan keberhasilan saat mengubah hidup anda.

Demikian postingan singkat tentang Tips Cara Ampuh Meredam Emosi, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : terselubung.in

0 Response to "TIPS CARA AMPUH MEREDAM EMOSI"

Posting Komentar