TIPS CARA AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN SEKSUAL

Tips Menghindari Pelecehan Seksual
Belakangan ini di media jejaring sosial, situs berita maupun di televise hampir saban hari ditanyangkan berita tentang pelecehan seksual baik yang menimpa anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat telah terjadi penurunan nilai moralitas dan etika yang cukup besar ditengah masyarakat kita.

Pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Tak terkecuali saat berkencan. Bukan tak mungkin pria yang baru Anda kenal dan sedang melakukan pendekatan kepada Anda melakukan pelecehan seksual kepada Anda. Bentuknya bisa bermacam-macam. Entah itu pelecehan seksual secara verbal, fisik, atau bahkan pemerkosaan. Karena itu Anda harus waspada. Berhati-hati dalam memilih teman saja tak cukup. Anda harus punya mekanisme pertahanan diri yang bisa diterapkan saat kemungkinan terburuk terjadi. 

Seperti yang saya kutip dari Merdeka.com yang berguna bagi Anda agar terhindar dari tindakan pelecahan seksual terutama saat berkencan, berikut tips-tipsnya silahkan disimak :

Hati-hati dengan Jejaring Sosial
Anda pasti sudah sering mendengar kasus pemerkosaan yang berawal dari perkenalan di jejaring sosial. Meskipun jejaring sosial adalah salah satu cara yang baik untuk memperluas pergaulan, Anda tetap harus berhati-hati. Informasi pribadi yang bisa Anda dapatkan tentang teman baru Anda hanya sebatas profile yang tercantum di page-nya. Anda tidak bisa mencari tahu seperti apa perilakunya dalam kehidupan sehari-hari atau bagaimana lingkup pergaulannya.

Bawalah teman Saat Bertemu Orang yang Belum Anda Kenal
Jika memungkinkan, bawalah teman saat Anda hendak menemuinya untuk pertama kali, sekadar untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terburuk. Jika Anda sudah yakin teman baru Anda ini tidak 'berbahaya', baru Anda boleh menemuinya sendiri.

Selalu Waspada Sekeliling Anda
Jangan biarkan diri Anda lengah. Selalu perhatikan sekeliling Anda. Perhatikan juga minuman Anda. Adegan di sinetron di mana calon pemerkosa diam-diam menuangkan obat ke minuman si gadis itu memang terjadi di kehidupan nyata. Tahukah Anda, ada yang namanya date rape drugs, obat ilegal yang memang biasa dipakai oleh pelaku kejahatan seksual untuk menjalankan aksinya?

Hindari tempat dan situasi yang membuat Anda terisolasi
Selalu pilih tempat kencan yang ramai. Jika tidak pilihlah lokasi yang memungkinkan Anda untuk segera melarikan diri.

Dengarkan naluri Anda
Saat tindakannya mulai membuat Anda merasa tidak nyaman, jangan abaikan naluri Anda tersebut. Alam bawah sadar Anda telah menentukan batasan privasi dan ketika dia melanggarnya (memegang paha atau duduk terlalu dekat) pikiran Anda akan memberikan tanda bahaya dalam bentuk rasa tak nyaman ini. Percayailah naluri Anda.

Jangan takut untuk berkata tidak
Walaupun selama ini Anda terbiasa bersikap sopan, Anda perlu bersikap kasar untuk menghadapi situasi seperti ini. Penolakan secara halus seringkali diartikan sebagai sikap malu-malu atau kelemahan bagi si predator. Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah menolak dengan tegas. Menolak dengan suara tinggi dan menepiskan tangannya adalah salah satu cara yang bisa Anda pakai.

Segera pergi
Setelah Anda menolak 'pendekatan' si pria, Anda harus segera meninggalkan tempat, saat itu juga selagi dia masih terkejut dengan sikap Anda. Jangan biarkan dia mendapat kesempatan untuk melanjutkan aksinya.

Sekian postingan tentang Tips Cara Agar Terhindar dari Kejahatan Seksual, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber Artikel : merdeka.com

Posting Komentar untuk "TIPS CARA AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN SEKSUAL"