MANFAAT JALAN KAKI UNTUK KESEHATAN

Jalan Kaki Baik Untuk Kesehatan
Salah satu alasan kenapa orang jaman dahulu jarang sakit karena mereka rutin bergerak, salah satunya karena kemana-mana mereka selalu berjalan kaki. Berjalan adalah aktivitas yang banyak diminati oleh banyak orang, karena selain "murah dan praktis", jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari, di saat udara masih segar dan bersih dari polusi. Namun banyak di antara kita yang enggan untuk melakukannya dengan alasan mengantuk dan dingin, dan lebih memilih tidur.

Jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anda, karena dengan berjalan kaki anda akan menjadi lebih bugar dan sehat. Berjalan kaki bagi sebagian orang mungkin melelahkan, tetapi bagi kebanyakan orang justru sangat digemari, karena berjalan kaki secara rutin dan kontinyu mampu mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Jalan kaki bisa anda lakukan sendiri, tetapi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga. 

Berikut beberapa Manfaat Jalan Kaki untuk kesehatan seperti yang saya kutip dari Constiti, silahkan disimak :

Jalan Kaki membantu Mencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Berjalan kaki di pagi hari mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh anda. Karena untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dibutuhkan kalsium dan vitamin D saja, tetapi juga gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya 10000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari. Jika anda lakukan ini secara rutin, maka tulang anda akan lebih lama bertahan dari ancaman osteoporosis.

Jalan Kaki Membantu menurunkan berat badan
Berat badan yang berlebihan bisa jadi adalah momok bagi sebagian besar orang, karena selain mengurangi good look seseorang berat badan yang berlebihan juga sangat berpotensi terjangkit penyakit-penyakit mematikan seperti kolesterol dan jantung. Bagi anda yang memiliki masalah dengan obesitas, olahraga dengan berjalan kaki di pagi hari adalah solusi terbaik anda. Ya, berjalan kaki di pagi hari secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh anda karena semua otot tubuh bergerak. Pembakaran kalori tersebut akan lebih efektif lagi jika anda berjalan dengan cepat. Jadi mulailah bangun pagi dan jalan kaki secara rutin.

Jalan Kaki membantu Mencegah serangan jantung
Serangan jantung adalah salah satu donatur terbesar penyebab kematian manusia. Jika jantung berhenti maka  seseorang akan berhenti pula. Begitu berbahayanya penyakit jantung membuat sebagian rela melakukan apa saja untuk mengobatinya. Nah, bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat maka berjalan kakilah setiap hari pagi atau sore hari secara rutin.Berjalan kaki secara cepat (tergopoh-gopoh) mampu mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut. Berjalan kaki secara cepat akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang dibutuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. Serangan jantung bisa anda hindari dengan olahraga berjalan kaki secara tergopoh-gopoh ( tidak pelan dan tidak terlalu cepat).

Jalan Kaki membantu Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Dengan berjalan kaki secara tergopoh-gopoh akan membuat tekanan darah anda menjadi rendah dan mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Berjalan kaki juga mampu menurunkan kolesterol, karena saat tubuh bergerak (berjalan kaki) maka kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat. 

Jalan Kaki membantu Mencegah Diabetes ( Kencing Manis)
Kencing manis (diabetes) tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang gemuk. Nah, untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil anda bisa melakukan jalan kaki setiap pagi dan sore secara rutin. Menggerakkan badan secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula dalam tubuh sehingga anda tidak perlu minum obat diabetes lagi. Berjalan kaki yang dinyatakan mampu mencegah diabetes adalah dengan kecepatan 6 km/jam dan dilakukan selama 50 menit. (Study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).

Jalan Kaki Membantu Mencegah stroke
Pernahkah anda berpikir bahwa orang-orang zaman dulu lebih sedikit terjangkit stroke? Di antara beberapa faktornya adalah makanan dan pola hidup mereka yang berbeda dengan saat ini. Mereka (di zaman dahulu) hampir selalu berjalan kaki untuk bepergian kemana-mana karena alat transportasi belum ada, maka tubuh mereka lebih bugar dan terhindar dari penyakit stroke. Studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3.

Jalan Kaki Membantu Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh
Berjalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar, dan memiliki kekebalan yang lebih baik daripada orang yang sedikit melalukan gerakan (jalan kaki). Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan. Dengan kondisi tubuh yang fit / bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.

Jalan Kaki Membantu Menghilangkan stres / depresi
Berjalan dapat membantu anda mengurangi stres karena masalah yang anda hadapi. Selama berjalan, rasa kekhawatiran anda tentang kehidupan sehari-hari akan berkurang karena otak melepaskan endorfin. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. 

Sekian postingan Manfaat Jalan kaki untuk kesehatan, jadi dengan beragam manfaat yang bisa didapat dari jalan kaki selain murah juga sangat membantu menjaga kesehatan organ-organ vital anda sehingga anda menjadi pribadi yang sehat luar dalam.

Sumber Artikel : http://www.constiti.com

0 Response to "MANFAAT JALAN KAKI UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar