TIPS MERAWAT LAPTOP DENGAN BAIK

Tips Merawat Laptop
Saya pernah mengalami, laptop yang sehari-hari menemani kerja tidak bisa digunakan. Cek dan ricek ternyata karena terkena virus dan saya sedikit malas memperbaharui Antivirusnya, alhasil Laptop kesayangan terpaksa masuk Rumah Sakit. Nah berbekal pengalaman tersebut saat ini saya jadi sedikit hati-hati dan peduli dengan kondisi laptop.

Merawat laptop sebenarnya jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan saat merawat komputer. Hal itu karena laptop dirancang dengan desain yang lebih praktis dan efisien. Meski begitu, laptop juga merupakan sebuah piranti yang sangat sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga tetap memerlukan perawatan khusus agar semua komponen yang dimilikinya tetap terjaga dalam kondisi prima dan maksimal.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk merawat laptop anda agar tetap awet seperti yang saya kutip dari postingan member salah satu forum online :

Jangan sembarangan mendownload software dari internet
Kebanyakan orang memang suka mendownload asal-asalan software yang ada di Internet. Padahal kadang ada software yang di unduh itu mengandung malware atau virus berbahaya bagi komputer kita. Karenanya, sebelum anda mengunduh software di Internet, sebaiknya perhatikan asal-usul software tersebut dan jangan mengunduh dari website yang tidak jelas. Untuk menjamin kualitas software yang di download, sebaiknya anda mendownload software di situs pengembangnya langsung.

Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyalaMeski kedengarannya sepele, namun kebiasann ini sudah terbukti tidak baik bagi kesehatan komponen laptop anda. Pada beberapa kasus bahkan mengungkapkan jika meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala menjadi salah satu penyebab kerusakan pada Adaptor laptop tersebut.

Jaga kebersihan laptop andaJagalah kebersihan laptop anda dari berbagai kotoran, bahkan debu sekalipun. Bersihkan seluruh bagian laptop menggunakan kain lap putih bersih bebas debu dan kuman penyakit setiap kali selesai menggunakan laptop.

Hindari getaran elektromagnetikJauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

Rawatlah baterai laptop secara teraturUntuk pemakaian laptop dalam waktu lama, sebaiknya cas dulu baterai yang digunakan sampai penuh dan jangan dimainkan ketika masih dalam proses pengisian.

Jangan menaruh benda diatas laptopJangan sekali-kali menaruh benda yang cukup berat diatas laptop, apalagi anda duduki, karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada layar monitor.

Sekian postingan TIPS Merawat Laptop Dengan Baik, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS MERAWAT LAPTOP DENGAN BAIK"

Posting Komentar