MANFAAT MEMBAWA BEKAL KE SEKOLAH

Saat ini mungkin membawa bekal ke Sekolah sudah tidaklah asing lagi. Namun jaman dulu saat saya masih duduk di bangku sekolah, membawa bekal baik berupa kue atau nasi dari rumah masih langka dan kadang sering mendapat ejekan dari teman. Namun Sekarang, membawa bekal ke sekolah seperti sudah jadi kebiasaan.

Menurut hasil survey yang dipaparkan dalam seminar Indonesia’s Hottest Insight 2013 : Understanding The Most Promising Market yang diadakan di The Hall Senayan City Jakarta, 7 Mei 2013, ternyata 56 persen anak-anak membawa bekal ke sekolah. Temuan tersebut tentu sangat menggembirakan, karena itu menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya membawa bekal ke sekolah sudah cukup tinggi.

Perubahan paradigm kebiasaan membawa bekal ini patut disyukuri, ada beragam manfaat membawa bekal ke sekolah seperti yang say abaca di postingan kidnesia.com seperti berikut ini :

1. Bekal yang kita bawa, pasti sesuai dengan selera kita.
Ibu pasti tidak akan menyiapkan bekal dengan makanan atau buahan-buahan yang kita tidak suka. Ibu menyiapkan bekal agar kita makan. Oleh sebab itu, Ibu pasti menyiapkan bekal sesuai selera kita dengan porsi sesuai dengan kebutuhan kita. Apalagi, Ibu pasti sudah hafal betul menu-menu masakan kesukaan kita. Soal porsi, Ibu  pasti juga sudah tahu, seberapa banyak nasinya, lauknya, sayurnya, buahnya, dan minumnya.

2. Bekal yang kita bawa, pasti dibuat dari bahan makanan yang segar dan sehat.
Sudah barang tentu, bila seorang ibu akan menyiapkan bekal untuk dimakan anak sendiri dengan memasak bahan-bahan makanan yang sudah tidak layak masak. Ibu pasti memasak dengan bahan-bahan yang masih baru, masih segar, dan sehat.

3. Bekal dimasak dengan cara yang sehat dan ditaruh di wadah yang tepat.
Masakan sehat merupakan pilihan yang pasti seorang ibu lakukan dalam menyiapkan bekal untuk dimakan anak sendiri. Pasti Ibu memasak dengan cara-cara yang sehat, bersih, dan sedapat mungkin tanpa membuang gizi yang terkandung dalam makanan. Misalnya dengan cara merebus, mengukus, atau menumis dengan panci khusus tanpa minyak. Selain itu, Ibu juga akan selalu menempatkan bekal makanan pada wadah bekal yang bisa menjamin makanan itu tetap higienis dan enak disantap. Wadah yang bisa menjamin makanan tetap bersih dan higienis itu hanya ada pada produk-produk Tupperware. Sebab, wadah Tupperware yang kedap udara akan melindungi bekal yang kita bawa, sehingga makanan tetap dalam keadaan bersih. 

4. Membawa bekal itu hemat waktu.
Salah satu manfaat lain adalah hemat waktu yang mana kita tidak lagi perlu antri belanja makanan atau minuman. Nah  begitu bel istirahat berbunyi, kita bisa langsung membawa bekal ke ruang makan di kantin dan langsung menyantapnya.  Tidak perlu mengantri dan tidak perlu berlama-lama memilih menu makanan. Jadi lebih hemat waktu dan efisien,

5. Membawa bekal, berarti kita belajar menghargai selera makan orang lain.
Soalnya, tidak mungkin, kan, bekal kita menunya seragam? Ada yang lauknya semur daging, telur dadar, tahu atau tempe goreng, nugget, bakwan jagung, ikan sambal balado, dan lainnya. Ada yang membawa sup, sayur pecel, tumis buncis, dan lainnya. Dengan menghargai selera orang lain, kita bisa belajar menghargai perbedaan. Dengan menu makanan yang berbeda-beda, kita juga bisa belajar berbagi atau mencoba mencicipi makanan orang lain yang mungkin jarang kamu temukan di rumah. Menurut survey Indonesia’s Hottest Insight 2013, 80 persen dari anak-anak yang membawa bekal, ternyata mereka suka berbagi bekal dengan teman-temannya. Baik berbagi lauk, sayur, atau nasi dengan teman  yang membawa bekal, maupun membagi bekal kepada teman yang tidak membawa bekal. Dengan saling berbagi dan mencicipi, pengalaman kita terhadap rasa dan jenis menu makanan menjadi kaya. Selain itu, dengan membagi bekal, kita pun dilatih untuk peduli terhadap orang lain, tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Sekian postingan Manfaat membawa Bekal ke Sekolah. Postigan ini hanya sebagian kecil manfaat membawa bekal ke sekolah. Dan mari kita budayakan membawa bekal tidak hanya ke sekolah tetapi juga ke kantor.

Sumber Artikel : http://www.kidnesia.com

0 Response to "MANFAAT MEMBAWA BEKAL KE SEKOLAH"

Posting Komentar