TIPS CARA MUDAH BELAJAR RENANG

Cara Mudah Belajar Renang
Sebenarnya postingan ini lebih saya arahkan untuk pribadi saya yang sampai saat ini masih takut kedalaman air dan belum pandai berenang padahal jarak rumah dengan laut hanya beberapa puluh meter.

Nah berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bisa berenang seperti yang saya kutip dari salah satu postingan kaskus, silahkan disimak :

Pertama latihan pernafasan.

Caranya : tarik nafas melalui mulut, tahan, kemudian masukkan kepala kedalam air buang nafas melalui hidung secara perlahan - lahan hingga membentuk gelembung - gelembung udara, lakukan secara santai dan pelan - pelan, ulangi hingga terbiasa dan santai.peringatan pada saat menyelam jangan menahan nafas, buanglah nafas yang tertahan melalui hidung.

Kedua latihan mengapung

Caranya : kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kedua kaki didorong keatas hingga posisi seperti berdiri dipermukaan air, tarik nafas kemudian celupkan bagian wajah saja tahan nafas dan buang perlahan - lahan melalui hidung, lakukan berulang - ulang hingga terbiasa, trik jika kedua kaki tenggelam naikan bokong keatas.
Catatan : Untuk belajar mengapung ini, awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya, ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau berdiri kembali.
Untuk belajar mengapung dan meluncur ini, yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air dulu ..lihat langkah-langkah di atas. Lakukan dengan santai saja

Ketiga latihan meluncur di atas permukaan air

Caranya : Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, Duduklah dipinggir kolam kedua telapak kaki menempel didinding kolam, pada hitungan ketiga dorong badan kedepan dengan kedua tangan kedepan, gerakan kaki seperti sedang berjalan dipermukaan air. ( untuk belajar mengapung, mintalah teman untuk menemani anda.)

Mulai Belajar Berenang :

Gaya Dada adalah gaya yang paling mudah dipelajari, setiap gaya sebenarnya juga mudah dipelajari yang penting jangan pernah ada rasa takut saat diair.

1. Duduk dipinggiran kolam, kaki menempel di dinding kolam, tarik nafas tendang kaki kedepan.
2. Gerakan kaki
a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)
b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .

Rumusnya yaitu :
1) tekuk, tendang, rapatkan,
2) tekuk, tendang, rapatkan,
3. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) masing - masing tangan menempel disisi masing - masing telinga.
b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Dari bawah perut tangan menyatu lalu Luruskan tangan kembali.
Ulangi hingga terbiasa dan mahir.

rumus Tangan untuk gaya dada :
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
dan seterusnya.
3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas, usahakan tangan dan kaki jangan sampai saling bersamaan, tetapi selang - seling / bergantian. Kaki dan tangan jangan bersamaan membukanya tetapi harus bergantian, agar
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).

Sekian postingan Tips Cara Mudah belajar berenang semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS CARA MUDAH BELAJAR RENANG"

Posting Komentar