TIPS BERJUALAN DI EBAY


Saya yakin Anda yang mengeluti bisnis online meski pemula sudah pernah mendengar nama Ebay. Ebay banyak direkomendasikan oleh para ahli bisnis online karena peluang keuntungan yang sangat besar. Bahkan sangat baik bagi para pemula bisnis online sakalipun. Kelebihan ebay adalah kita bisa masuk dan menjumpai kesempatan menjual kepada jutaan pembeli tanpa susah-susah membuat situs eCommerce dan membangun traffic.

Berikut beberapa tips berjualan di eBay yang akan membantu Anda mulai menjual di eBay dan menjadi PowerSeller eBay yang saya kutip dari eciptra.com, silahkan disimak :

1. Sebuah gambar bernilai 1000 kata.
Ini bukan Omong kosong, karena setiap orang ingin melihat hal-hal sedetil mungkin sebelum mau mengeluarkan uang dari kocek mereka. Untuk sukses sebagai penjual, anda harus memastikan product yang anda jual dilengkapi dengan gambar yang profesional dan se-detail mungkin. Buruknya gambar akan berakibat langsung pada buruknya penjualan.

2. Lakukan Riset.
Sebelum anda mulai menjual sesuatu, lakukan riset untuk product sejenis. Sangat penting untuk mengukur seberapa besar demand dari product yang akan anda jual. Tingginya demand, sudah jelas berarti tingginya kemungkinan penjualan anda.

3. Jagalah komunikasi Anda.
Sebagian besar pembeli anda adalah pembeli baru. Dekatkanlah diri anda pada mereka, itu akan menaikkan rasa nyaman mereka. Saat mereka melakukan pembelian, katakanlah terima kasih. Saat anda sudah mengirim barang, beritakan pada mereka anda sudah mengirim barang dan berikan estimasi kedatangan. Dan saat mereka komplain, tanggapi dengan baik dan berikan jalan keluar yang membuat mereka merasa diuntungkan. Komunikasi sangat penting bagi kelangsungan hidup account anda.

4. Pastikan anda mengirim barang dengan cepat.
Tidak ada orang yang mau berlama-lama menunggu barang datang setelah mereka melepas uang mereka. Apalagi mereka sama sekali tidak kenal dengan kita. Rasa was-was akan berubah menjadi marah apabila terlalu lama menunggu tanpa kepastian. Sebaliknya rasa was-was yang sirna karena barang yang segera sampai akan menjadi rasa terima kasih yang dalam. Pengiriman lebih dari 1 bulan adalah tidak masuk akal. Carilah cara untuk lebih cepat.

5. Berikan perhatian yang sangat besar pada TITLE dan DESCRIPTION.
Dua Komponen ini akan masuk dalam search engine, baik search engine ebay, maupun yang lain seperti google, yah, bing dll. Penulisan search engine yang baik akan menarik traffic yang lebih besar. Penjualan adalah prosentase dari traffic.

6. Fokuslah untuk terus mendapatkan positive feedback.
Apalagi bila anda seller baru. Feedback positive dan komentar (testimoni) sangat penting karena jika anda memiliki feedback positive yang konsisten calon pembeli akan lebih memilih anda, bahkan bisa jadi pembeli akan mau membayar anda lebih tinggi daripada seller lain yang menjual serupa.

7. Bertindaklah sebagai Businessman, bukan hanya sebagai pencari uang.
Sediakan layanan yang baik, dan bangunlah reputasi anda. Menjual di ebay sama seperti menjual di tempat lain. Semua akan berpusat pada kepuasan pelanggan. Hindarilah keputusan atas dasar, asal laku. Karena anda tidak akan bertahan pada jangka waktu yang lama.

Sekian tips berjualan di Ebay, semoga berguna bagi Anda yang ingin berjualan disana dan jangan lupa bila sudah mendapatkan hasil untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan karena dari rizki yang kita miliki ada hak orang lain juga.

Sumber Artikel : eciputra.com

Posting Komentar untuk "TIPS BERJUALAN DI EBAY "