BEBERAPA CONTOH SCAM ATAU PENIPUAN VIA INTERNET YANG BERPOTENSI MENGINCAR ANDA

Salah Satu Contoh Email dari Afrika yang Saya Terima
Bicara Bisnis Scam atau Penipuan Online via Internet kini menjadi barang yang laris di dunia maya, beragam persoalan yang timbul akibat scam oleh ulah orang yang tidak bertanggung jawab mulai dari hHilangnya akun bisnis sampai dengan hilangnya harta (dana) yang seharusnya menjadi hak dan milik kita ramai dibicarakan. Inti dari bisnis scam adalah menyerang sesuatu yang secara logika kita suka yaitu “LEBIH BAIK” LEBIH KAYA” CARA MUDAH KAYA” dan beragam kata lainya yang selalu mengiming-imingi sesuatu yang lebih dari biasa.

Nah, kali ini saya akan memposting beberapa jenis Bisnis SCAM yang pernah kita temui dan bahkan diantaranya saya pribadi mengalami. Mudah-mudahan ini menadi pelajaran bagi kita semua agar selalu waspada. Ibarat kata Bang Napi “Kejahatan Terjadi Bukan Hanya Karena Ada Niat Pelakunya Tapi Juga Karena ada Kesempatan… Waspadalah…

Berikut beberapa contoh Scam yang sering saya alami dan terima infonya.

1. SURAT DARI AFRIKA (NIGERIA LETTER)
Yang ini paling banyak menyerang kita, saya menerima hampir tiap minggu dengan beragam pengirim. Dan sekarang kayaknya makin canggih, karena dia tahu posisi kita di Indonesia, bahasa suratnya di rubah jadi bahasa Indonesia versi Google Translate (tentu saja bahasanya jadi lucu bin ajaib). Sebagian besar jenis penipuan ini berasal dari Nigeria, atau Negara Afrika lainnya sehingga disebut sebagai Nigeria Letter. mungkin Anda juga pernah mendapatkan sebuah E-Mail yang sangat mengejutkan berisi tentang ajakan untuk membantu dalam investasi di daearah Anda, dimana anda akan dilibatkan dan diberi komisi dengan nilai yang sungguh luar biasa, atau seorang pengacara yang memegang harta clientnya yang telah tewas sekeluarga baik karena Tsunami ataupun karena kecelakaan pesawat. Inti dari penipuan ini Anda diminta membayar pajak dulu dimuka, kalau Anda tergiur maka lenyaplah dana Anda. Selamat Menangis Darah he he he

2. LOTERE ONLINE
Bingung gak saat kita dapat email yang tiba-tiba masuk email pemberitahuan menang lottery dengan Nominal yang Wah? Kalau Anda Curiga, berarti Anda masih waras. Pertanyaan yang sebenarnya gampang agar kita tidak tergiur oleh pemberitahuan ini adalah Tanyakan pada Diri Anda, Pernah Gak ikut Lottery ini? Kalau tidak pernah Kok Menang? Aneh kan? System yang dijalankan sama dengan dengan Nigeria Letter Anda diminta membayar pajak dulu dimuka, kalau ANda tergiur maka lenyaplah dana Anda. Selamat Menangis Darah sekali lagi he he he

3. PENCURIAN DATA
Tindakan mencuri data diri / biodata anda, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat anda hingga nomor KTP anda. Tujuan dari phising ini adalah untuk mengakses rekening bank anda dan tentunya mengeruk semua dana yang ada. Saya pernah mendapatkan beberapa email terkait ini terutama tentang verifikasi akun LR, padahal saya belum pernah daftar LR, jadi ya saya acuhkan dan email tersebut saya delete. Jadi saran saya berhati-hatilah terhadap email asing. Jangan pernah berikan nomor penting (user dan password) kepada orang yang tidak dikenal dan segera delete email bila curiga email tersebut bukan dari pengirim yang anda yakin benar. Jika ingin melakukan login ke situs apapun seperti paypai, Ebay, Facebook, sebaiknya langsung mengunjungi web mereka dengan cara mengetik alamat URL pada web browser dan jangan melalui pihak ketiga, misalnya E-Mail, via Chat, dll.

4. HIGH YIELD INVESTMENT PROGRAM
High Yield Investment Program atau lebih sering disingkat HYIP, adalah salah satu jenis program yang menggunakan skema Ponzi. 90% dari HYIP adalah bohong dan 10% sisanya menunggu antrian untuk dicap sebagai pembohong, mengapa? Bos HYIP biasanya menggunakan modal yang besar untuk mendapatkan dana yang besar pula. Mereka rela membayar member mereka selama beberapa tahun untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon investor, sehingga investor yang tidak berhati-hati akan langsung melakukan investasi secara besar-besaran.

5. SKEMA PONZI
Inti dari skema dari Ponzi adalah, menawarkan sebuah program investasi dengan bunga / Return of Investment yang menggiurkan, dan anda akan mendapatkan hasil dari korban berikutnya. Ketika sudah tidak anda member baru / korban baru, maka jenis penipuan ini akan terungkap. Banyak bisnis yang kita lihat sekarang yang terbukti model ini. Saya juga pernah tertipu, untung tidak banyak invest, jangankan balik modal, dapat ROInya saja tidak bisa ditarik dengan dalil macam-macam. Ponzi adalah nama orang yang menerapkan skema ini. Ini adalah skema penipuan terstruktur namun pasti akan ketahuan. Salah satu Pelaku Ponzi terbesar yang terbuka kedoknya abad ini adalah Bernard Madoff yang telah berhasil menipu sebesar $40 Milyar atau 400 Trilyun Rupiah.

Jadi saran saya berhati-hatilah. Ikutilah bisnis yang real, jelas produknya (nyata, bisa dilihat, bisa diraba, bisa dimakan), jelas ijinnya (ijin usaha sesuai dan legal, ijin produk ada), jelas kantornya. Mau jualan Untung gak Jualan juga Gak Rugi kayak Bisnis yang saya ikuti sekarang. Mau tahu KLIK DISINI.

Sumber Artikel : Pengalaman dan Bambosi.com

0 Response to "BEBERAPA CONTOH SCAM ATAU PENIPUAN VIA INTERNET YANG BERPOTENSI MENGINCAR ANDA"

Posting Komentar