TIPS MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

Semua orang dituntut untuk mampu menjadi pemimpin, paling kurang untuk diri sendiri. Menjadi pemimpin bukanlah sebuah perkara yang gampang, meski tiap kita tidak bisa menghindarinya. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik butuh kemampuan dan kemauan yang keras. Apalagi menjadi seorang pemimpin yang memiliki anak buah, karena itu butuh ketrampilan yang lebih agar mampu melakukan tugasnya dengan baik, dan membimbing anak buahnya menjadi lebih baik.

Nah berikut ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar  menjadi pemimpin yang baik seperti yang saya kutip dari salah satu situs online, silahkan disimak :

Rencanakan semua langkah, namun tetap sisakan ruang untuk spontanitas
Buat rencana Anda sedetil mungkin, karena tugas seorang pemimpin adalah membuat anak buahnya mengerti. Meski begitu, Anda tetap perlu memberi ruang untuk spontanitas, sehingga ketika keadaan di lapangan tidak sesuai dengan harapan Anda, semua dapat teratasi dengan tepat dan cepat.

Dengarkan dulu sebelum bicara
Seni menjadi pemimpin yang hebat adalah mau mendengarkan ide dan gagasan anak buahnya. Keterbukaan dalam mendengarkan anak buahnya akan dapat memberi sudut pandang baru yang berguna bagi rencana bersama.

Perhatikan penampilan
Kinerja Anda memanglah hal yang penting untuk kelangsungan karir Anda. Namun, urusan penampilan tentu harus menjadi perhatian Anda. Dengan ini, Anda akan menjadi contoh yang baik bagi anak buah Anda dalam menghargai totalitas.

Berolahragalah
Pikiran yang sehat diperlukan oleh seorang pemimpin untuk dapat menghasilkan keputusan yang adil. Dengan rajin berolahraga, daya tahan tubuh akan terjaga dan kinerja pun meningkat.

Banyak-banyak tersenyum
Saat rapat ataupun saat melakukan koordinasi dengan anak buah, seorang pemimpin harus mampu mengalirkan energi positif agar semangat anak buah dapat terpompa. Salah satu cara mengalirkan energi positif kepada anak buah adalah dengan tersenyum.

Sekian postingan tips-tips yang bisa dilakukan agar  menjadi pemimpin yang baik, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://jadiberita.com

Posting Komentar untuk "TIPS MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK"