TIPS CARA MENGADAIKAN EMAS DI PENGADAIAN SYARIAH



Akhir tahun biasanya banyak pengeluaran yang kadang tidak sempat direncanakan sebelumnya. Apalagi yang merencanakan mengadakan liburan dengan keluarga pasti membutuhkan banyak dana. Sebahagian orang menyiapkannya dengan menabung atau investasi seperti emas dan perhiasan lain.

Emas memang menjadi primadona bagi sebahagian orang untuk investasi terutama di kawasan pendesaan yang orang masih awam berhubungan dengan perbankan. Nah bila Anda membutuhkan dana cepat dan yang Anda miliki hanya emas (baik perhiasan maupun emas batangan) Anda cukup membawanya ke Pengadaain terdekat, dalam waktu singkat dana yang dibutuhkan sudah ditangan dengan jaminan emas kita tadi.

Nah tidak semua orang pernah berhubungan dengan pengadaian, kadang orang bingung mau gadaikan emas atau barang lainnya tapi tidak mengerti caranya. Berikut saya jabarkan langkah-langkah mengadaikan emas di Pengadaian Syariah yang saya alami kemaren :

Siapkan Barang dan KTP
Barang yang mau digadaikan harus lengkap surat-suratnya, kalau mau mengadaikan motor berarti harus ada buku pemilik dan stnk. Nah KTP perlunya untuk data pengadaian (copi dulu kalau sempat)

Datang ke Pengadaian Syariah terdekat
Sudah barang tentu harus datang sendiri, cari Pengadaian Syariah karena dana yang diberikan bisa mencapai 90 % dari taksiran terhadap barang yang digadaikan.

Ambil Nomor Antrian
Kalau di tempat saya tidak perlu nomor antrian karena kota kecil, jadi yang mengadaikan barang juga gak banyak kecuali akhir tahun atau mau dekat lebaran.

Serahkan Barang dan KTP
Serahkan Barang ke Teller dan biasanya petugas (teller) akan meminta KTP asli untuk dicopi dan diverifikasi datanya

Isi Formulir
Langkah selanjutnya isi formulir yang diberikan dan tanda tangan

Terima Uang
Setelah barang kita ditaksir maka petugas akan memberitahkannya kepada kita, selanjutnya kalau kita setuju dengan perjanjian yang disodorkan (akad) maka kita akan diberikan dana yang kita minta dipotong biaya administrasi Rp. 40.000,- (mungkin berbeda biaya administrasinya bila mengadaikan elektronik atau kenderaaan)

Sekian postingan Tips Cara Mengadaikan Emas di Pengadaian Syariah, mungkin tahapan ini tidak sama disemua Pengadaian, namun saya yakin agak mirip-mirip. Untuk lebih jelasnya bila Anda kurang paham bisa tanyakan langsung pada petugas di Kantor Pengadaian terdekat

Sumber Artikel : Pengalaman Sendiri

0 Response to "TIPS CARA MENGADAIKAN EMAS DI PENGADAIAN SYARIAH"

Posting Komentar