TIPS MENGATUR BUDGET BUAT MUDIK

Tidak terasa, sebentar lagi akan berlebaran lagi. Biasanya saat lebaran pengeluaran Anda bakal membengkak karena banyak pengeluaran yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Salah satu sebabnya bisa karena pengeluaran untuk biaya mudik ke kampung halaman.

Walaupun kegiatan mudik ini mungkin selalu Anda lakukan bersama keluarga setiap tahun, sayangnya belum banyak dari kita yang merencanakannya dengan matang dari segi keuangan. Akibatnya, banyak yang merasa mudik merupakan agenda yang cukup merepotkan. Apalagi bagi Anda yang punya penghasilan terbatas.

Untuk itu jika Anda tidak ingin agenda mudik Anda terasa berat, penting untuk mempersiapkannya dengan baik dan penuh perencanaan. Langkah awalnya adalah mengetahui pos-pos pengeluaran yang harus dialokasikan. Kategorikan pengeluaran Anda ke dalam 4 pos paling penting, yaitu:
  1. Anggaran transportasi pulang pergi
  2. Anggaran hadiah atau uang lebaran buat keluarga
  3. Rekreasi – termasuk makan di luar bersama keluarga besar, misalnya.
  4. Biaya tak terduga minimal 10% dari total anggaran mudik Anda
Bagi Anda yang berpenghasilan terbatas, disiplinlah dengan jenis pengeluaran di atas. Kalau perlu, buat catatan dan pisahkan ke dalam amplop berbeda untuk setiap posnya. Nah, untuk membantu Anda dalam mempersiapkan keuangan Anda menjelang mudik, ada beberapa tips bagi Anda seperti yang saya kutip dari bahasan di forum online, yaitu:
  1. Sebaiknya anggaran mudik sudah disiapkan jauh-jauh hari. Bila perlu sisihkan penghasilan bulanan Anda 10% untuk pos mudik ini.
  2. Jangan menggunakan anggaran mudik dari gaji bulanan Anda yang biasanya diberikan bersamaan dengan THR oleh kantor. Ambillah dari THR dan tabungan mudik yang disisihkan tadi.
  3. Pilih jenis transportasi perjalanan yang sesuai budget jauh-jauh hari. Bila Anda memiliki kendaraan pribadi akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Bagi yang berpenghasilan terbatas, carilah informasi “kegiatan mudik bareng” yang biasanya marak ditawarkan. Sedangkan, yang menggunakan pesawat, belilah tiket pesawat Anda minimal 3 bulan sebelumnya.
  4. Bawalah uang tunai secukupnya. Cukup disini artinya sesuai dengan keperluan yang sudah Anda hitung mulai dari berangkat, tiba di kampung hingga balik kembali.
  5. Tetap bawa kartu ATM, kartu debet, kartu kredit atau cek perjalanan bila Anda takut membawa uang tunai yang besar. Namun ingat, semua pengeluaran harus sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.
  6. Sebagai bentuk perlindungan, asuransikan perjalanan mudik Anda pada perusahaan asuransi yang telah dikenal. Produk ini pada dasarnya adalah sejenis produk jiwa term life dengan jangka waktu rata-rata tidak lebih dari 30 hari.
Dengan melakukan berbagai persiapan yang matang, kegiatan mudik akan menjadi momen yang tidak akan membuat Anda justru merasa nestapa ketika kembali ke rumah.

Sekian postingan artikel Tips Mengatur Budget Buat Mudik, semoga bermanfaat terutama buat yang akan mudik ke kampung halaman

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS MENGATUR BUDGET BUAT MUDIK"

Posting Komentar