TIPS JIKA MELAKUKAN PERJALANAN DI HUTAN

Berwisata ke hutan atau yang punya hobi travelling unik ke hutan belantara pasti sudah mengenal beragam tips yang harus dilakukan agar bisa bertahan hidup di alam liar. Bagi mahasiswa yang pernah aktif di kegiatan pencinta alam (mapala) mungkin tips ini tidak berlaku lagi. Namun bagi yang belum pernah berkelana ke hutan belantara ada baiknya menyimak beberapa tips berikut :

Jika Memasuki Hutan Belantara
Memasuki kawasan hutan belantara, kita diminta untuk tidak sesumbar atau tidak berbuat yang aneh-aneh. (seperti kata pepatah “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung” layak dijalankan agar kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan)

Jika Kita Merasa Tersesat,
Dalam kawasan hutan rimba, kita tidak bisa melihat sinar matahari secara jelas. Kondisi ini akan membingungkan kita untuk melihat dimana posisi timur atau barat. jangan khawatir bila tidak bisa memastikan mana arah timur dan barat tersebut. Tipsnya adalah, lihatlah ujung pohon di kawasan hutan itu. Ujung pohon umumnya akan condong dan kecondongan itu pasti mengarah ke matahari terbit. Jika tidak bisa terlihat secara jelas, maka tips lainnya kita disuruh melihat lumut di bagian bawah pohon. Pohon tengah hutan bagian bawahnya biasanya berlumut. Lihat saja, lumut yang paling tebal dan hijau, itu pasti bagian timur. Sedangkan lumut yang tidak terlalu tebal, dipastikan berada di bagian terbenamnya matahari.

Jika Kehabisan Perbekalan Makanan
Jika sudah di tengah hutan perbekalan kita sudah habis, jangan khawatir, kita bisa memakan buah-buahan yang ada di hutan. Belajarlah dari monyet. Makanlah buah yang dimakan monyet, karena buah yang dimakan monyet pasti tidak beracun.Tapi sebaliknya, bila monyet tidak mau memakan buah itu, jangan coba-coba kita memakannya. Buah yang tidak dimakan monyet pasti buah beracun

Jika Kehabisan Perbekalan Minuman
Setelah makan buah-buahan tadi pastinya kitaa ingin minum, dan bila perbekalan air kita sudah habis, carilah aliran sungai, dan kalau tidak menemukan aliran sungai, disarankan untuk mencari air dalam lubang-lubang kecil atau besar. Minum saja air dalam lubang-lubang itu sepanjang di dalam lubang ada jentik-jentik nyamuk. Kalau jentik nyamuk saja bisa bertahan hidup dalam air itu, maka kita juga bisa meminum airnya tentunya setelah menyingkar dulu jentik nyamuknya. Tapi jika ada air yang bening, namun tidak ada jentiknya, jangan coba-coba untuk kita minum, bisa jadi air itu ada racunnya

Sekian postingan singkat Tips Jika Melakukan Perjalanan Di Hutan, benar tidaknya tips ini saya belum mencobanya sendiri, jadi saran saya bila ingin ke hutan pergilah ke hutan yang terdekat dan yang Anda tahu alamnya jadi peluang tersesat atau kehabisan bekal kecil dan tentunya Anda tidak perlu melakukan hal-hal konyol seperti mengintip monyet makan.

Sumber ide Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS JIKA MELAKUKAN PERJALANAN DI HUTAN"

Posting Komentar