TIPS BERPUASA YANG SEHAT

Persiapan menyambut Bulan Suci Ramdahan sudah nampak dimana-mana, ini artinya tidak lama lagi akan memasuki bulan ramadhan yang berarti tidak lama lagi juga kita akan menjalankan ibadah Puasa. Nah kali ini BenuNagari ingin berbagi Tips Berpuasa yang Sehat yang saya ambil dari salah satu postingan di situs online kaskus. 

Berikut beberapa Tips Berpuasa Secara Sehat Mau tau? Yuk, silahkan disimak :

Minumlah Yang Cukup
Minumlah yang cukup. Mengapa? Karena Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Ente harus minum dalam jumlah besar. Ente juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

Makan Makanan yang Sehat
Makan makanan yang sehat. Ente sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

Jangan Langsung Berbuka Dalam Porsi Besar
Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

Jangan Makan Terlalu Banyak
Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih.

Makan 3 Kali Sehari
Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sebaiknya tetap makan tiga kali sehari. Yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.(Bukan Pagi, Siang, dan Malam kayak biasa )


Sahur, Sahur...
Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat Imsak.

Tidur = Energi!
Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.

Minimalkan Penggunaan Tenaga
Minimalkan penggunaan tenaga fisik. Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

Diabetes
Penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

Orang Yang Lemah Fisik
Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

Pengobatan
Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

Batalkan Puasa
Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

0 Response to "TIPS BERPUASA YANG SEHAT"

Posting Komentar