MENGAPA FLAPPY BIRD MEMBUAT GAMER KETAGIHAN ?

Game Flappy Bird
Kayaknya memang sekarang lagi heboh Game Flappy Bird, beberapa postingan di forum online ramai membahas tentang game yang satu ini. Saya juga kecanduan meski belum bisa membuat score besar. Nah sebelumnya saya sudah memposting Tips dan Triks cerdas Bermain Game Flappy Bird, kali ini saya akan berbagi alasan mengapa Game Flappy Bird ini disukai dan membuat ketagihan seprti yang saya kutip dari id.yahoo.

Game Flappy Bird saat ini menjadi aplikasi nomor satu di iOS App Store di lebih dari 100 negara. Game Flappy Bird saat ini sedang ramai dibicarakan di media sosial dan media massa. Game ini berasal dari developer asal ibukota Vietnam, Hanoi. Seorang Vietnam yang telah mengejutkan dunia dan mengalahkan orang-orang besar seperti Supercell dan Rovio seorang diri. Dan ironisnya, ia tidak melakukannya dengan belajar dari orang-orang besar. Lalu, apa yang membuat Flappy Bird bisa begitu populer dan menarik banyak orang?

Nah berikut beberapa sebab mengapa Game Flappy Bird membuat orang suka dan ketagihan yang tentu saja akan membuat Game Flappy Bird sukses seperti yang saya baca di id.berita.yahoo.com.

Game Flappy Bird Sangat sulit
Tentu saja, hal pertama yang Anda sadari ketika bermain Flappy Bird adalah betapa sulitnya game ini. Beberapa rekan di Tech In Asia bahkan belum melewati tiang pertama. Game ini sangat sulit hingga membuat kita frustasi, kesal, dan juga terasa lucu. Dengan cara ini, Flappy Bird menghukum para gamer. Jika Anda sedikit memperhatikan review di App Store, Anda akan segera melihat berapa banyak orang senang membencinya. Dan ini mungkin adalah alasan terbesar untuk kesuksesannya. Orang suka menyiksa diri mereka sendiri, dan mereka senang untuk berbagi. Sulitnya permainan ini adalah rekayasa untuk membuatnya viral.

Game Flappy Bird Sangat sederhana
Flappy Bird sangatlah sederhana. Angry Birds , Clash of Clans, dan nama besar game mobile lainnya membutuhkan waktu beberapa menit bagi para gamer untuk belajar bagaimana memainkannya. Dan setiap detik saat Anda harus mengajari pengguna baru cara bermain, Anda kehilangan pengguna lain. Saya bisa menyerahkan iPhone saya ke siapapun di jalan dan mereka akan, dalam satu detik, tahu cara bermain Flappy Bird. Itu berarti siapapun dapat memainkannya dan siapapun akan memainkannya. Dan entah bagaimana ini sangat seimbang dengan kesulitan game-nya. Sangat mudah untuk dipelajari, tetapi hampir mustahil untuk dikuasai.

Game Flappy Bird Selalu menantang
Mungkin yang terburuk, dan sekaligus juga yang terbaik, adalah bagaimana Flappy Bird selalu membuat Anda merasa bisa melakukannya lebih baik. Dengan Angry Birds, saya biasanya puas hanya dengan mendapatkan dua bintang pada sebuah level. Saya merasa “setidaknya saya lulus”. Dengan Flappy Bird, tidak ada kepuasan. Ini pada dasarnya adalah satu level. Dan setiap poin memberitahu betapa buruknya permainan Anda.
“Oh, you got two points? You suck”
“Oh, you got 25 points? You suck”
“Oh, you got 100 points?! Wow! You still suck!”
Saat dimana Flappy menunjukkan poin, Anda akan merasa gagal dan ingin memperbaikinya. Dan saat Anda ingin memberitahu semua orang: “Hei! Aku mendapat 20 poin!”, tapi di internet, selalu ada seseorang yang lebih baik daripada Anda.

Game Flappy Bird Tidak ada in-app purchase
Ini mungkin adalah aspek yang paling menarik dari Flappy Bird. Sebagian besar aplikasi terpopuler saat ini menerapkan in-app purchase. Anda membuka aplikasi baru kemudian harus mengeluarkan biaya, paywall, iklan, atau in-app purchase lain yang akan mempercantik karakter Anda atau membuat level lebih mudah. Flappy Bird tidak melakukan semua itu. Ya, Flappy Bird memang penuh dengan iklan, tapi iklan diposisikan seolah-olah untuk menghambat permainan Anda. Ini menambah level kesulitan. Dengan kata lain, Flappy Bird benar-benar gratis. Karena pengguna tidak mau membayar lagi. Mereka muak dengan hal itu.

Game Flappy Bird Hanya menggunakan sedikit tombol
Jika Anda perhatikan, ketika bermain Flappy Bird, hanya ada tiga tombol pada layar. Total, untuk seluruh game, ada Start, Score, Rate, Pause, Tap, Oke, dan Share. Hanya tujuh tombol. Ini adalah bentuk dedikasi Dong Nguyen untuk kesederhanaan dan juga hal yang membuat game ini menjadi viral. Dalam game lainnya, pengguna akan dengan mudah kewalahan oleh pilihan game yang ditawarkan. Apakah Anda ingin mengambil screenshot? Apakah Anda ingin berbagi poin dengan teman-teman dekat Anda? Apakah Anda ingin melihat leaderboards? Apakah Anda ingin mendapatkan petunjuk untuk level ini? Mekanisme game ini membuatnya gampang dimainkan lagi dengan segera.

Game Flappy Bird Bergantung pada gravitasi
Jika Anda belum melihat film Gravity, Anda mungkin tidak tahu apa yang saya maksud di sini. Anda dapat merasakan diri Anda menukik bersama dengan Flappy pada tingkat 9,8 meter per detik kuadrat. Dengan Angry Birds, Anda tidak merasa hal yang sama dengan burung-burung, maupun babi. Ini sama seperti karakter kecil di Clash of Clans. Mereka bagian dari strategi Anda, taktik Anda, atau permainan Anda. Ketika Flappy jatuh, Anda dapat mendengar pikiran Anda mengatakan “Oh sialan. Aku mati lagi.”
flappy-bird-screeshot

Game Flappy Bird Butuh keahlian
Beberapa orang tidak bisa memainkan Flappy Bird dengan baik. Setelah beberapa kali mencoba, mereka melemparkan handphone mereka ke dinding dan mereka menyerah. Mereka tidak pernah melewati tiang pertama dan mereka sudah selesai. Aplikasinya kemudian dihapus. Tapi ada juga orang yang bisa mendapat 50 atau bahkan 60 poin di Flappy Bird. Ini bukan permainan dimana Anda dapat melewati level tertentu atau mendapatkan petunjuk tentang cara memecahkan teka-teki. Ini bukan game yang menghasilkan reward dan kebahagiaan seperti Cut The Rope atau Fruit Ninja. Ini Flappy Bird. Hanya orang-orang yang benar-benar terampil akan sampai ke puncak. Jika Anda melampaui sepuluh poin, itu karena Anda benar-benar tahu bagaimana memanfaatkan jari-jari Anda. Anda tahu bagaimana mengantisipasi gravitasi di dunia Flappy. Dengan Flappy Bird, Anda tahu persis mengapa Anda bermain buruk. Dan Anda juga tahu kenapa Anda bermain bagus.

Permainannya yang cepat membuat Anda ketagihan akan Game Flappy Bird
Salah satu mekanisme yang benar-benar menarik lainnya dari Flappy Bird adalah bahwa karena game ini sulit dan Anda mati begitu mudah, itu berarti Anda akan memainkan level yang sama berulang-ulang. Ini seperti kebiasaan buruk yang Anda tidak bisa hindari. Flappy Bird seperti dopamin.

Memenuhi App Store
Flappy Bird pernah dituntut telah membajak App Store. Saya tidak yakin apakah ini mungkin, mengingat bahwa tuduhan tersebut tidak ditujukan pada aplikasi lain di App Store. Ini juga menjadi perdebatan. Bahkan jika Flappy Bird yang diunggulkan di awal (saya pikir akan sulit untuk menipu Apple juga) sekarang menjadi viral secara organik. Dan kepopuleran ini terutama didorong oleh kebencian masyarakat terhadap aplikasi itu sendiri. Lihatlah review dan Anda akan melihat bahwa orang-orang yang membenci aplikasi ini memberikan nilai terbaik (five-star). Flappy Bird telah berhasil menjadi game yang semua orang senang untuk membencinya. Ini seperti Justin Bieber-nya game mobile.

Game Flappy Bird Tidak melakukan seperti apa yang dilakukan Candy Crush, Angry Birds, dan Clash Of Clans
Bagian terbaik dari apa yang Flappy Bird telah lakukan adalah keluar dari tradisi game. Ia adalah underdog yang disambut seperti game yang mapan. Saya berharap developer indie seperti Dong Nguyen dapat terus mendapatkan popularitas di titik ini hingga akhir tahun.

Flappy Bird dapat di-download secara gratis untuk Android dan iOS.

Sekian postingan Alasan Mengapa Game Flappy Bird membuat Gamer ketagihan, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : id.berita.yahoo.com

Posting Komentar untuk "MENGAPA FLAPPY BIRD MEMBUAT GAMER KETAGIHAN ?"